Entri Populer

Senin, 07 November 2011

rpp Pendidikan Agama kristen kelas VII-IX


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                               : SMP Kristen Irene
Mata Pelajaran                   : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  VII / I
StandarKompetensi          :  Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan menyelamatkan manusia, serta seluruh ciptaan.
Kompetensi Dasar            :  Menjelaskan makna manusia sebagai mahkota ciptaan Allah.
Indikator                              :  Menjelaskan makna manusia sebagai gambar dan rupa Allah
Alokasi Waktu                    :  4 jam pelajaran (2 X40 menit)
 

I.            Tujuan Pembelajaran :
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
a.      Mampu menjelaskan makna manusia sebagai gambar dan rupa Allah
b.      Mampu menyatakan kasih dan anugerah Allah yang diterimanya kepada sesama
c.      Mampu mengidentifikasi sesuatu/perilaku yang menunjukkan manusia sebagai gambar dan rupa Allah

II.            Materi Pembelajaran :
a.      Arti gambar dan rupa Allah
b.      Manusia diberi mandat untuk berkarya
c.      Contoh-contoh tindakan yang mencerminkan gambar dan rupa Allah

III.            Metode :
Ceramah, diskusi, peragaan

IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

a.      Pertemuan pertama
1)     Kegiatan Pendahuluan
-       Berdoa bersama yang dipimpin oleh peserta didik
-       Memotivasi peserta didik dengan menunjukkan gambar manusia
-       Menyampaikan materi yang akan dipelajari oleh peserta didik pada pertemuan pertama
2)     Kegiatan Inti
-       Guru memberikan penjelasan tentang arti gambar dan rupa Allah: manusia memiliki citra atau sifat-sifat Allah yang memiliki tanggung jawab untuk memelihara bumi beserta isinya seperti yang telah dimandatkan Allah kepada manusia
-       Menjelaskan isi dari Kitab Kejadian 1 : 26 ; Kejadian 2 : 15-24
-       Peserta didik membuat kelompok kecil untuk mendiskusikan cara Allah menciptakan manusia, serta tanggung jawabnya kepada Allah.
3)     Kegiatan penutup
-       Guru bertanya secara lisan pada peserta didik tentang materi yang telah disampaikan
-       Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mendiskuskan kembali cara Allah menciptakan manusia serta tanggung jawabnya kepada Allah(refleksi)
-       Doa penutup yang dipimpin oleh peserta didik

b.      Pertemuan kedua
1)     Kegiatan pendahuluan
-       Berdoa bersama yang dipimpin oleh peserta didik
-       Memotivasi peserta didik dengan menanyakan pelajaran minggu yang lalu.
-       Meminta peserta didik bergabung dengan kelompoknya masing-masing.
2)     Kegiatan Inti
-       Peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya masing-masing.
-       Mengadakan tanya jawab antar peserta didik untuk menggali pengetahuannya tentang materi.
-       Guru menambahkan penjelasan apabila dianggap masih perlu.
3)     Kegiatan penutup
-       Guru memberi pertanyaan secara lisan untuk mengetahui apakah kompetensi telah tercapai atau belum.
-       Menyanyikan sebuah lagu pujian yang berhubungan dengan materi.
-       Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa atau guru.

V.            Sumber Belajar :
Alkitab, Cermin Remaja !, gambar dan rupa Allah

VI.            Penilaian:
a.     Teknik tes : penugasan
b.     Berdoa bersama : Uraian
c.      Soal:
1)     Tuliskan bagian Alkitab tentang Allah menciptakan manusia
2)     Jelaskan maksud Allah menciptakan manusia menurut gambar dan rupa Allah
3)     Sebutkan mandat Allah kepada manusia
4)     Berikan contoh sikap setelah menerima kasih karunia Allah



Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP                                    :  SMP Kristen Irene
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  VII / I
StandarKompetensi          : Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan menyelamatkan manusia, serta seluruh ciptaan.
Kompetensi Dasar            : Menceritakan tanda-tanda bahwa Allah terus berkarya
Indikator                              :
-         Menceritakan karya Allah melalui pengalaman hidup manusia dalam keajaiban alam
-         Menyebutkan bentuk-benruk peristiwa alam yang terjadi saat ini
-         Menyebut contoh perbuatan siswa yang menghargai karya Allah dalam kaitannya dengan alam
-         Menceritakan dengan singkat karya Allah melalui kelahiran:
a.     samuel (1 Samuel 1:1-28)
b.     b. Yohanes Pembaptis (Lukas 1:5-25)
-         Menjelaskan peranan orang tua dalam menanggapi karya Allah terhadap lahirnya seorang anak
-         Menjelaskan karya kuasa Tuhan atas penyakit
-         Menyebutkan sikap yang benar dalam menghadapi penyakit
-         Menyebutkan sikap yang benar setelah sembuh dari sakit
-         Menceritakan dengan singkat kuasa Tuhan atas kematian
-         Menyebutkan contoh yang benar dalam menghadapi kematian

Alokasi Waktu                    : 8 x 40 menit (4X pertemuan)


I.            Tujuan Pembelajaran
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :
-       Menceritakan karya Allah melalui pengalaman hidup manusia dalam keajaiban alam
-       Menyebutkan bentuk-bentuk peristiwa yang terjadi saat ini
-       Menyebutkan contoh perbuatan siswa yang menghargai karya Allah dalam kaitannya dengan alam
-       Menceritakan karya Allah melalui kelahiran Samuel dan Yohanes Pembaptis
-       Menjelaskan peranan orang tua dalam menanggapi karya Allah lewat kelahiran seorang anak
-       Menjelaskan karya kuasa Tuhan atas penyakit
-       Menyebutkan sikap yang benar setelah sembuh dari penyakit
-       Menceritakan denga singkat kuasa Tuhan atas kematian
-       Menyebutkan contoh sikap yang benar dalam menghadapi kematian

II.            Materi Pembelajaran
-       Tanda-tanda bahwa Allah terus berkarya
-       Allah mempunyai maksud dalam segala pengalaman hidup manusia
-       Contoh-contoh perbuatan yang menghargai karya Allah dalam kaitannya dengan alam
-       Allah berkarya di setiap kehidupan manusia melalui kelahiran
-       Allah berkarya di setiap peristiwa kehidupan manusia melalui penyakit
-       Allah berkarya di setiap peristiwa kehidupan manusia melalui kematian

III.            Metode
            Ceramah, diskusi, penugasan

IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.      Pertemuan pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan
-         Doa dipimpin oleh peserta didik
-         Informasi materi
-         Pemberian motivasi
2.      Kegiatan Inti
-         Guru mengajak peserta didik keluar kelas mengamati lingkungan alam
-         Tanya jawab tentang lingkugan alam yang di amati
-         Guru memberikan arahan dan penguatan di sekitar materi
3.      Kegiatan penutup
-         Penugasan (PR)
-         Berdoa oleh peserta didik


b.     Pertemuan kedua
1.      Kegiatan pendahuluan
-         Doa oleh peserta didik
-         Tanya jawab yentang tugas (PR)
-         Informasi materi
2.      Kegiatan Inti
-         Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok kecil
-         Mendiskusikan peristiwa kelahiran tokoh Alkitab ( Samuel dan Yohanes Pembaptis )
-         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
-         Guru mrnyimpulkan hasil diskusi
3.      Kegiatan penutup
-         Penugasan (PR)
-         Berdoa oleh peserta didik
c.     Pertemuan ketiga
1.      Kegiatan pendahuluan
-        Doa oleh peserta didik
-        Tanya jawab yentang tugas (PR)
-        Informasi tentang materi pelajaran
2.      Kegiatan Inti
-        Penjelasan kuasa Allah terhadap penyakit
-        Tanya jawab tentang peserta didik saat sakit
3.      Kegiatan penutup
-        Penugasan (PR)
-        Berdoa oleh peserta didik
d.     Pertemuan keempat
1.      Kegiatan Pendahuluan
-        Doa dipimpin oleh peserta didik
-        Informasi materi
-        Pemberian motivasi
2.      Kegiatan inti
-        Tanya jawab pengalaman peserta didik di sekitar peristiwa kematian
-        Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan tentang sikap yang benar dalam menghadapi peristiwa kematian


3.      Kegiatan penutup
-        Doa oleh peserta didik
V.            Sumber Belajar
 Alkitab, buku ajar, peserta didik, lingkungan
VI.            Penilaian
a.     Teknik : tes tulisan, penugasan
b.     Bentuk instrument, uraian
c.     Soal
1.      Ceritakan karya Allah melalui pengalaman hidup manusia dalam keajaiban alam!
2.      Sebutkan bentuk-bentuk peristiwa alam lainnya yang terjadi saat ini
3.      Sebutkan contoh perbuatan siswa yang menghargai karya Allah dalam kaitannya dengan alam!
4.      Ceritakanlah karya Allah melalui kelahiran Samuel dan Yohanes Pembaptis!
5.      Jelaskan peranan orang tua dalam menanggapi karya Allah terhadap lahirnya seorang anak!
6.      Jelaskan karya kuasa Tuhan atas penyakit!
7.      Sebutkan sikap yang benar dalam menghadapi penyakit!
8.      Sebutkan sikap yang benar setelah sembuh dari penyakit!
9.      Ceritakan kuasa Tuhan atas kematian!
10. Sebutkan contoh sikap yang benar dalam menghadapi kematian!


Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP                                    :  SMP Kristen Irene
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  VII / I
StandarKompetensi          :  Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan menyelamatkan manusia, serta seluruh ciptaan.
Kompetensi Dasar            :  Mengakui bahwa pemeliharan Allah terhadap manusia dan alam lebih kuat daripada kecenderungan manusia untuk merusaknya
Indikator                              :   
-         Menjelaskan pentingnya alam dalam kehidupan manusia
-         Menjelaskan pentingnya keseimbang ekosistem bagi manusia
Alokasi Waktu                    :  4  jam pelajaran (2 X40 menit)


I.            Tujuan Pembelajaran 
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
-     Mampu menjelaskan pentingnya alam dalam kehidupan
-     Mampu menjelaskan pentingnya keseimbangan ekosistem bagi manusia

II.            Materi Pembelajaran
-     Pentingnya alam dalam kehidupan manusia
-     Allah menciptakan ekositem yang seimbang
a.      Contoh bukti keseimbangan ekosistem yang diciptakan Allah
b.      Tanggung jawab menjaga ekosistem
c.      Dampak terjadinya ketidakseimbangan ekosistem

III.            Metode : Ceramah dan diskusi

IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan pertama
1.      Kegiatan pendahuluan
-         Berdoa bersama dipimpin peserta didik
-         Menanyakan kepada peserta didik apakah mereka pernah melihat atau mengalami banjir yang menimbulkan banyak korban
-         Menyampaikan materi yang dipelajari tentang pentingnya alam dalam kehidupan manusia
2.      Kegiatan inti
-         Guru memberikan penjelasan mengenai pentingnya alam dalam kehidupan manusia
-         Peserta didik diminta mendaftarkan apa saja fungsi alam bagi kehidupan manusia
-         Guru menjelaskan isi kitab Kejadian 1:28-30, Yeremia 29
3.      Kegiatan penutup
-         Guru bertanya secara lisan tentang materi yang telah disampaikan
-         Guru memberikan tugas kepada peserta didik secara berkelompok membuat kliping dan memberikan kesimpulan dan saran berdasarkan kliping mereka siapa yang paling berperan dalam kerusakan lingkungan dan apa yang harus dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan
-         Doa penutup oleh peserta didik
2.      Pertemuan kedua
1.      Kegiatan pendahuluan
-        Berdoa bersama dipimpin peserta didik
-        Memotivasi peserta didik dengan menayakan materi minggu lalu kemudian mengumpulkan tugas yang sudah diberikan
-        Menyampaikan materi yang akan dipelajari mengenai Allah menciptakan ekosistem yang seimbang
2.      Kegiatan inti
-        Tanya jawab tentang pengertian ekosistem
-        Guru memberikan penjelasan mengenai pengertian ekosistem dan mempelajari keseimbangan ekosistem dalam pelajaran agama kristen
-        Guru membagi peserta didik dalam kelompok kemudian mengajak siswa merumuskan tindakan atau kegiatan yang penting dalam menjaga dan mempertahankan ekosistem


3.      Kegiatan penutup
-        Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok kemudian guru menyimpulkan hasil diskusi kelompok
-        Doa penutup oleh peserta didik

V.            Sumber Belajar
Alkitab, buku tes, buku lagu

VI.            Penilaian
a.    Teknik : tes tulisan dan penugasan
b.    Bentuk instrument : uraian
c.    Soal
1.      Jelaskan apa manfaat alam bgi kehidupan manusia!
2.      Mengapa keseimbangan ekosistem penting bagi manusia?




Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..
Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP                                    :  SMP Kristen Irene
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  VII / I
StandarKompetensi          :  Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan menyelamatkan manusia, serta seluruh ciptaan.
Kompetensi Dasar            :  Mengakui bahwa pemeliharan Allah terhadap manusia dan alam lebih kuat daripada kecenderungan manusia untuk merusaknya
Indikator                              :   
-                                                                                     Bersyukur untuk pemeliharaan Allahatas kehidupannya melalui alam dan isinya manusia melakukan pengrusakan
-                                                                                     Berperan serta dalam pemeliharaan alam sekitarnya dalam kehidupan manusia
Alokasi Waktu                    :  4  jam pelajaran (2 X40 menit)


I.            Tujuan Pembelajaran 
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
-    Mampu bersyukur atas pemeliharaan Allah atas kehidupannya melalui alam dan isinya walaupun manusia melakukan pengrusakan
-    Mampu berperan serta dalam pemeliharaan alam sekitar dalam kehidupan manusia

II.            Materi Pembelajaran
-    Mensyukuri pemeliharaan Allah melalui pemeliharaan, pelestarian, pembaharuan
-    Program aksi reboisasi, ekosistem sederhana, contoh : kolam ikan, ladang, tanaman sekolah

III.            Metode : Ceramah dan diskusi

IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan pertama
a.      Kegiatan pendahuluan
-         Berdoa bersama dipimpin peserta didik
-         Guru member motivasi dan menjelaskan materi yang akan dipelajari
b.     Kegiatan inti
-         Memberikan penjelasan tentang bersyukur untuk pemeliharaan Allah melalui alam semesta dan isinya
-         Memberikan contoh-contoh bersyukur untuk pemeliharaan atas kehidupan manusia
-         Peserta didik membuat kelompok kecil untuk membuat puisi dan doa sebagai wujud ucapan syukur atas pemeliharaan Allah
c.      Kegiatan penutup
-         Guru bertanya secara lisan pada peserta didik tentang materi yang disampaikan
-         Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat kelompling tentang pengrusakan lingkungan hidup
-         Doa penutup oleh peserta didik
2.      Pertemuan kedua
a.      Kegiatan pendahuluan
-         Berdoa bersama dipimpin peserta didik
-         Menginformasikan materi pelajaran yang dikaitkan dengan materi yang lalu
b.     Kegiatan inti     
-         Guru menjelaskan peran serta dalam pemeliharaan alam semesta dalam kehidupan manusia
-         Melakukan dialog dengan mengungkapkan contoh-contoh peran merka dalam memelihara alam
-         Guru mengarahkan penjelasan untuk menggali pengetahuan tentang materi yang dipelajari
c.      Kegiatan penutup
-         Guru member tugas untuk membawa tanaman/bunga
-         Doa penutup dipimpin oleh peserta didik

V.            Sumber Belajar
Alkitab, buku tes, buku lagu

VI.            Penilaian
a.      a.Teknik : tes tulisan dan penugasan
b.      b. Bentuk instrument : uraian
c.      c. Soal
1.      Buatlah rencana program reboisasi di sekolahmu!
2.      Buatlah slogan yang meningkatkan pentingnya menjaga alam!






Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule,S.Th























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP                                    :  SMP Kristen Irene
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  VII / I
StandarKompetensi          :  Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan menyelamatkan manusia, serta seluruh ciptaan.
Kompetensi Dasar            :  Menjelaskan makna manusia sebagai mahkota ciptaan Allah
Indikator                              :  Mewujudkan tindakan sebagai manusia yang segambar dan serupa dengan Allah dalam melaksanakan mandat untuk berkarya
Alokasi Waktu                    :  2  jam pelajaran (2 X40 menit)


I.            Tujuan Pembelajaran 
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
-         Mampu mewujudkan tindakan sebagai manusia yang segambar dan serupa dengan Allah, dengan pemeliharaan ciptaan Allah secara bertanggung jawab
-         Mampu mewujudkan tindakan sebagai manusia yang segambar dan serupa dengan Allah yang beribadah

II.            2.Materi Pembelajaran
-         Pemeliharaan ciptaan Allah secara bertanggung jawab sebagai wujud kesegambaran manusia dengan Allah
-         Ibadah sebagai wujud manusia sebagai gambar Allah yang mempunyai hubungan istimewa dengan Allah

III.            3.Metode : Ceramah dan tanya jawab

IV.            4.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan pendahuluan
-         Berdoa bersama dipimpin peserta didik
-         Memotivasi peserta didik dengan menayakan pelajaran minggu lalu
-         Menyampaikan materi yang akan dipelajari
2.      Kegiatan inti           
-         Siswa menuliskan kegiatannya dalam gereja dalam waktu 1 minggu
-         Siswa mengungkapkan kegiatannya dalam gereja dalam waktu 1 minggu
-         Siswa menuliskan kegiatan sosialnya di dalam masyarakat
-         Siswa mengungkapkan kegiatan sosialnya di dalam masyarakat
-         Bersama anak didik membuat kesimpulan
3.      Kegiatan penutup
-         Guru memberi tugas rumah
-         Berdoa bersama dipimpin oleh peserta didik
-         Guru menutup kegiatan pembelajaran

V.            Sumber Belajar
Alkitab, buku tes, siswa, lagu, gambar

VI.            Penilaian
a.      Teknik : tes lisan
b.      b. Bentuk instrument : uraian
c.      c. Soal
1.      Sebutkan contoh pemeliharaan ciptaan Allah secara bertanggung jawab
2.      Sebutkan bentuk-bentuk kegiatan ibadah di dalam gerja





Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP                                    :  SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  VIII / I
StandarKompetensi          :  Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi Dasar            :  Hidup bersyukur dalam segala situasi
Indikator                              :  Menjelaskan makna hidup bersyukur 
Alokasi Waktu                    :  6  jam pelajaran (3 X pertemuan)


I.            Tujuan Pembelajaran
a. Menjelaskan arti bersyukur
b. Membedakan antara bersyukur kepada Allah dan terima kasih kepada sesama
c.  Mewujudkan bagian Alkitab yang menunjukkan alas an bersyukur
d. Menyebutkan alas an bersyukur

II.            Materi Pembelajaran
a.      Arti bersyukur yang Alkitabiah
b.      Perbedaan antara bersyukur dan berterima kasih kepada manusia       Bagian Alkitab yang menunjukan alasan bersyukur
c.      Alasan bersyukur

III.            Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, demonstrasi.

IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.      Pertemuan pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan
Berdoa dan bernyanyi lagu kj 299(Bersyukur kepada Tuhan)                                                  
2.      Kegiatan inti
-     Membaca Lukas 17 : 11-19, Mazmur 138 dan 139; 1 tesalonika 5:18
-     Menuliskan tentang arti bersyukur berdasarkan bagian Alkitab di atas
-     Siswa menyimpulkan arti dan makna bersyukur
-     Penjelasan guru
3.      Kegiatan Penutup
-     Guru member tugas untuk mewancarai pendeta atau majelis jemaat di gereja masing-masing
b.     b.  Pertemuan kedua
1.      Kegiatan pendahuluan
-         Menyanyi danberdoa bersama yang dipimpin oleh peserta didik.
-         Menayakan materi minggu lalu tentang arti bersyukur
-         Meminta siswa mengumpulkan tugas hasil wawancara     
2.       Kegiatan Inti
-         Meminta pendapat siswa tentang perbedaan bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada manusia
-         Siswa menuliskan atau menyebutkan perbedaan bersyukur kepada Allah dengan berterima kasih kepada manusia.
-         Penjelasan guru
3.      Kegiatan Penutup
Menyanyi KJ 450 (hidup Kita Yang Benar)
c.      c.  Pertemuan ketiga
1.      Kegiatan pendahuluan
-         Menyanyi lagu terima kasih Tuhan
-         Berdoa
-         Menanyakan materi minggu lalu     
2.           Kegiatan Inti
-         Menunjuk beberapa siswa untuk menceritakan pengalaman hidupnya tentang mengapa ia bersyukur
-         Membaca Mazmur 67:6-8; Mazmur 138:1-8; Lukas 17:11-19
-         Kemudian siswa mengidentifikasikan alasan bersyukur berdasarkan bagian Alkitab di atas
-         Siswa menyimpulkan alasan-alasan bersyukur
-         Penjelasan guru
3.            Kegiatan Penutup
-         Guru member tugas di rumah dengan menyebutkan 5 alasan bersyukur
-         Berdoa bersama dipimpin seorang siawa

V.            Sumber Belajar 
Alkitab, Buku Teks, Siswa, Teks lagu, Gambar

VI.            Penilaian
a.      Teknik: Tes lisan da tulisan
b.      Bentuk Instrumen: Uraian
c.      Soal:
1.      Jelaskan arti bersyukur
2.      Jelaskan perbedaan bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada manusia
3.      Sebutkan alasan kita mengucap syukur kepada Allah
4.      Tuliskan bagian Alkitab yang menunjukan hidup bersyukur





Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP                                    :  SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  VIII / I
StandarKompetensi          :  Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi Dasar            :  Hidup bersyukur dalam segala situasi
Indikator                              :  Menurunkan sikap bersyukur atas kuasa dan kasih  Allah dalam hidupnya dengan menghargai waktu, talenta dan dirinya sendiri 
Alokasi Waktu                    :  2x40 menit  (1X pertemuan)


I.            Tujuan Pembelajaran
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
a.      Menunjukkan sikap bersyukur kepada Allah
b.      Menunjukkan sikap dan prilaku yang menghargai waktu dan talenta
c.      Mewujudkan sikap hidup mengharhai sesama

II.            Materi Pembelajaran
a.      Wujud hidup bersyukur atas kuasa dan kasih Allah
b.      Menghargai waktu, talenta dan seama manusia

III.            Metode Pembelajaran : Diskusi

IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
-         Menyanyi dan berdoa dipimpin oleh seorang siswa
-         Guru mengecek kehadiran siswa
-         Menanyakan kepada siswa tentang materi yang lalu                                                  
2.           Kegiatan inti
-         Guru membagi siswa dalam kelompok
-         Mengidentifikasi talenta yang dimiliki oleh masing-masing siswa
-         Masing-masing siswa menulis kelebihan dan lelemahan teman di sampingnya
-         Diskusi bagian Alkitab Lukas 17:11-19 tentang bersyukur
-         Diskusi bagian Alkitab Matius 25:14-30 tentang penggunaan talenta
-         Siswa mempresentasikan hasil diskusi tiap-tiap kelompok
-         Guru memberikan penjelasan tambahan
3.      Kegiatan Penutup
-         Guru memberi tugas pada siswa
-         Menyanyi BKB no. 211 dan KJ no. 450
-         Berdoa bersama di pimpin seorang siswa
-          
V.            Sumber Belajar 
Alkitab, Cermin Remaja (hidup yang berubah), bertumbuh dalam Kristus

VI.            Penilaian
a.      Tehnik: Tes lisan da tulisan
b.      Bentuk Instrumen: Uraian
c.      Soal:
1.      Jelaskan bagaiman cara bersyukur kepada Allah
2.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan talenta
3.      Jelaskan bagaiman cara bersyukur atas waktu, talenta yang Tuhan berikan
4.      Sebutkan salah satu contoh cara bersyukur dalam Alkitab




Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP                                    :  SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  VIII / I
StandarKompetensi          :  Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi Dasar            :  Mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Indikator                              :  Penjelasan arti beriman 
Alokasi Waktu                    :  2x40 menit  (1X pertemuan)


I.            Tujuan Pembelajaran
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
a.      Menjelaskan arti beriman
b.      Mengidentifikasi prilaku yang menujukkan hidup beriman

II.            Materi Pembelajaran
a.      Arti beriman
b.      Contoh-contoh tindakan manusia yang mencerminkan hidup beriman

III.            Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, peragaan

IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
-         Menyanyi dan berdoa dipimpin oleh seorang siswa
-         Menyampaikan materi yang akan dipelajari
2.           Kegiatan inti
-         Peserta didik menyebutkan ciri-ciri orang beriman
-         Guru menjelaskan arti dan contoh hidup beriman
-         Membuat dan mencata kesimpulan
3.      Kegiatan Penutup
-         Menyanyi dan berdoa

V.            Sumber Belajar 
Alkitab, Cermin Remaja V!!!, Hidup Baru VIII

VI.            Penilaian
a.      Tehnis Tes : Uraian
b.      Soal:
1.      Jelaskan arti iman menurut Alkitab
2.      Berikan contoh tindakan hidup yang beriman
3.      Sebutkan cirri-ciri orang beriman





Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..
Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP                                    :  SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  VIII / I
StandarKompetensi          :   Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi Dasar            :  Mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Indikator                              :  Menjelaskan arti berpengharapan 
Alokasi Waktu                    :  2x40 menit  (1X pertemuan)


I.            Tujuan Pembelajaran
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
a.      Menjelaskan apa pengharapan dalam diri seorang pelajar
b.      Menunjukkan/mendemontrasikan sikap hidup berpengharapan
II.            Materi Pembelajaran
a.      Arti berpengharapan
b.      Menumbuhkan hidup yang berpengharapan
c.      Sikap berpengharapan
III.            Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi
IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
-         Berdoa bersama
-         Absensi
-         Memotivasi peserta didik
-         -    Menyampaikan materi
2.         Kegiatan inti
-         Guru menjelaskan arti dan makna hidup yang berpengharapan didasarkan pada Kejadian 12:13
-         Memberikan contoh-contoh berpengharapan
-         Membagi kelompok untuk mendiskusikan satu perikop dalam 1 raja-raja 17:7-24
3.    Kegiatan Penutup
-         Guru menyimpulkan
-         Guru memberi tugas rumah
-         Menynyi` dan berdoa
V.            Sumber Belajar 
Alkitab, Cermin Remaja VIII, Hidup Baru VIII

VI.            Penilaian
a. Tehnik Tes : Penugasan dan Uraian
b. Soal:
1.      Apakah arti pengharapan bagi orang beriman?
2.      Mengapa kita harus berpengharapan?
3.      Bagaimanakah sikap hidup yang berpengharapan kepada Allah selaku orang Kristen?




Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                               :  SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  VIII / I
StandarKompetensi          :  Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi Dasar            :  Mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Indikator                              :  Menjelaskan arti hidup beriman
                                           Menjelaskan arti hidup berpengharapan 
Alokasi Waktu                    :  4 jam pelajaran  (2X pertemuan)


I.            Tujuan Pembelajaran
a.      Menjelaskan hubungan iman dan pengharapan
b.      Menyebutkan tokoh-tokoh Alkitab yang beriman dan berpengharapan

II.            Materi Pembelajaran
a.      Hubungan iman dan berpengharapan
b.      Tokoh-tokoh dalam Alkitab
c.      Contoh prilaku yang beriman dan berpengharapan

III.            Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan

IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.      Pertemuan pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan
-         Berdoa dan menyanyi bersama
-         Menanyakan kepada peserta didik tentang arti hidup beriman dan berpengharapan
2.           Kegiatan inti
-         Membaca Alkitab dan menjawab pertanyaan (LKS)
-         Siswa menyimpulkan hubungan antara beriman dan berpengharapan
-         Penjelasan Materi
3.      Kegiatan Penutup
-         Guru memberi tugas rumah, membuat kliping
-         Menyanyi dan berdoa
b.     a.Pertemuan kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan
-         Berdoa dan menyanyi bersama
-         Memerikasa PR
    
2.      Kegiatan inti
-         Siswa Membaca Alkitab Kejadian 13; 1 Raja-raja 17:7-24; Matius 21-28
-         Siswa menuliskan tokoh-tokoh dalam Alkitab yang hidup beriman dan berpengharapan
-         Siswa memberikan pendapat tentang tokoh perilaku hidup yang beriman dan berpengharapan
-         Penjelasan Materi
3.      Kegiatan Penutup
-         Mengadakan evaluasi
-         Menyanyi dan berdoa

V.            Sumber Belajar 
Alkitab, Cermin Remaja VIII, Hidup Baru VIII, Kliping

VI.            Penilaian
a. Teknik Tes : tes lisan dan tertulis
b. Bentuk instrument : Uraian
c.  Soal:
1.      Jelaskan hubungan iman dan pengharapan
2.      Sebutkan tokoh-tokoh Alkitab yang beriman dan berpengharapan
3.      Sebutkan contoh perilaku hidup yang beriman dan berpengharapan


Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                               :  SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  VIII / I
StandarKompetensi          :  Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi Dasar            :  Mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Indikator                              :  Menjelaskan sikap berdoa yang abik
Alokasi Waktu                    :  2 jam pelajaran  (1 X pertemuan)


I.            Tujuan Pembelajaran
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
-     Menjelaskan arti berdoa
-     Menjelaskan cara berdoa yang benar
-     Menunjukkan sikap berdoa

II.            Materi Pembelajaran
-     Arti doa
-     Cara/sikap berdoa yang benar

III.            Metode Pembelajaran
Ceramah, demontrasi

IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
-         Berdoa dan menyanyi bersama
b.     Kegiatan inti
-         Guru menjelaskan arti berdoa
-         Membaca Alkitab dalam Matius 6:9-13
-         Siswa membahas hasil diskusi kelompok
-         Kesimpulan Materi
-         Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari ayat Alkitab yang berhubungan dengan doa
c.      Kegiatan penutup
-         Menyanyi dan berdoa oleh siswa

V.            Sumber Belajar 
Alkitab, Cermin Remaja VIII, Hidup Baru

VI.            Penilaian
a.      Tehnik Tes : tes lisan dan tertulis
b.      Bentuk instrument : Uraian
c.      Soal:
1.      Jelaskan arti doa
2.      Mengapa kita harus berdoa setiap hari
3.      Bagaimana cara berdoa yang benar bagi orang Kristen



Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                               :  SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  VIII / I
StandarKompetensi          :  Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi Dasar            :  Mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Indikator                              :  Mewujudkan sikap hidup beriman dan berpengharapan seperti tidak mudah putus asa, kreatif dan optimis
Alokasi Waktu                    :  4 jam pelajaran  (2X pertemuan)


I.            Tujuan Pembelajaran
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
-    Menyebutkan beberapa contoh sikap dan tindakan hidup dalam pengharapan yang ada dalam Alkitab
-    Menyebutkan dalam beberapa pokok Alkitab yang hidupnya sikapnya disebut sebagai orang yang beiman
-     Siswa mampu menunjukkan sikap hidup beriman dan berpengharapan

II.            Materi Pembelajaran
-     Hubungan iman dan berpengharapan
-     Tokoh-tokoh dalam Alkitab
-     Contoh prilaku yang beriman dan berpengharapan

III.            Metode Pembelajaran
Ceramah, Demontrasi
           
IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.     Pertemuan pertama
Kegiatan Pendahuluan
-         Berdoa dan menyanyi bersama dipimpin siswa
-         Memotivasi peserta didik lewat gambar orang beriman
     Kegiatan inti
-         Peserta didik dapat mengungkapakan sikap dan tindakan orang yang berpengalaman
-         Siswa memberikan perbedaan antara iman dan pengharapan
-         Menjelaskan arti iman pada Kejadian 12:1-13; 1 Raja-raja 17:7-24
Kegiatan Penutup
-         Guru memberi tugas rumah pada peserta didik untuk bertanya kepada pendeta dan majelis jemaat tentang orang yang punya pengharapan kepada Yesus Kristus
-         Menutup kegiatan dengan doa
b.     Pertemuan kedua
Kegiatan Pendahuluan
-         Berdoa dan menyanyi bersama dipimpin siswa
-         Apersepsi dengan menanyakan pelajaran minggu yang lalu
-         Meminta siswa untuk menyimpulkan tugas hasil tanya jawab yang dilakukan
     Kegiatan inti
-         Siswa dapat menyebutkan dalam tokoh Alkitab yang hidupnya beriman
-         Siswa dapat mengungkapkan sikap dan tindakan orang yang hidup dalam pengharapan
          Kegiatan Penutup
-         Menyanyi sebuah lagu sesuai materi
-         Doa dipimpin oleh siswa

V.            Sumber Belajar 
Alkitab, Cermin Remaja VIII, Hidup Baru VIII, Kliping

VI.            Penilaian
a.      Tehnik Tes : lisan dan penugasan
b.      Bentuk instrument : Uraian
c.      Soal:
1.      Sebutkan Bapa segala orang beriman
2.      Sebutkan salah satu tindakan orang beriman

Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                               :  SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  IX/I
Standar Kompetensi         :  Nilai-nilai Kristiani
                                                Bertanggung jawab terhadap diri sendiri,sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukan dirinya sebagai orang yang diselamatkan
Kompetensi Dasar            :  Memahami bentuk dan menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap diri sendir dan masyarakat
Indikator                              :  Menjelaskan arti bertanggung jawab                       
Alokasi Waktu                    :  4 jam pelajaran  (4X40 menit)


I.            Tujuan Pembelajaran
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
-         Mampu menjelaskan arti tanggung jawab terhadap diri sendiri
-         Mampu menjelaskan arti tanggung jawab terhadap sesama
-         Mampu menyebutkan cirri khas manusia yang bertanggung jawab
-         Mampu mendemontrasikan manusia yang bertangung jawab melalui sikap hidup setiap hari

II.            Materi Pembelajaran
-         Arti tanggung jawab terhadap diri sendiri dan sesama
-         Ciri khas manusia yang bertanggung jawab

III.            Metode Pembelajaran
diskusi

IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.      Pertemuan pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan
-         Berdoa bersama dipimpin oleh peserta didik
-         Tanya jawab tentang arti tanggung jawab untuk mengetahui pemahaman siswa
-         Menyampaikan materi yang disajikan

2.      Kegiatan inti
-         Guru menjelaskan tentang arti tanggung jawab terhadap diri sendiri dan       sesama 
-         Membaca Alkitab Matius 25:14-30, Gal. 5:19-23
-         Guru membagi kelompok dan siswa mendiskusikan tentang arti tanggung jawab terhadap diri sendiri dan sesama
-         Kelompok memprensentasikan hasil
3.      Kegiatan Penutup
-         Menyimpulkan hasil diskusi
a.      a.Pertemuan kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan
-         Berdoa bersama
-         Apersepsi dengan menanyakan pelajaran minggu yang lalu
-         Meminta siswa bergabung dengan kelompok masing-masing
2.      Kegiatan inti
-         Menugaskan siswa menemukan 5 kata yang menujukkan sikap yang bertanggung jawab dan 5 kata yang tidak menunjukkan sikap bertanggung jawab melalui kuis
-         Melaporkan hasil kuis
-         Menambahkan penjelasan tentang ciri khas manusia yang bertanggung jawab di hubungkan dengan bahan Alkitab

3.      Kegiatan Penutup
-         Menyimpulkan hasil diskusi
-         Menyanyi KJ No. 357:1-4 yang ada hubungan dengan materi
-         Berdoa yang dipimpin oleh siswa

V.            Sumber Belajar 
Alkitab, Cermin Remaja IX, Hidup Baru IX

VI.            Penilaian
a.      Tehnik : tes lisan dan penugasan
b.      Bentuk instrument : Uraian
c.      Soal:
1.      Jelaskan arti tanggung jawab terhadap diri sediri
2.      Berikan contoh tanggung jawab terhadap sesame
3.      Sebutkan 5 kata yang menunjukkan sikap yang bertanggung jawab dan yang tidaka bertanggung jawab




    
Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                               :  SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  IX/I
StandarKompetensi          :  Nilai-nilai Kristiani
                                                Bertanggung jawab terhadap diri sendiri,sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukan dirinya sebagai orang yang diselamatkan
Kompetensi Dasar            :  Memahami bentuk dan menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap diri sendir dan masyarakat
Indikator                              :  Mengidentifikasikan contoh cobaan lari dari tanggung jawab                       
Alokasi Waktu                    :  2 jam pelajaran  (2X40 menit)

I.            Tujuan Pembelajaran
 Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
a. memberikan contoh cobaab lari dari tanggung jawab dalam Alkitab
b. Menunjukan contoh cobaan lari dari tanggung jawab dalam masyarakat

II.            Materi Pembelajaran
Ketidaktahuan tujuan sesuatu hal membuat manusia lari dari tanggung jawab

III.            Metode Pembelajaran
Diskusi

IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
-         Berdoa bersama dipimpin oleh peserta didik
-         Memotivasi siswa
-         Menyampaikan materi yang disampaikan
2.           Kegiatan inti
-         Siswa membaca Alitab Yunus pasal 1&4, Mat. 25:24-25, Roma 5:3-4
-         Guru membagi kelompok, sis wa mendiskusikan contoh-contoh cobaan lari dari tanggung jawab menurut Alkitab
-         Kelompok mempresentasikan hasil
3.      Kegiatan Penutup
-         Menyimpulkan hasil dan refleksi
-         Penugasan
-         Siswa menyanyi KJ no. 277 dan berdoa bersama

V.            Sumber Belajar 
Alkitab, Cermin Remaka IX, Hidup Baru IX, media

VI.            Penilaian
a. Teknik tes : Uraian
b. Soal:
1.      Sebutkan contoh cobaan lari dari tanggung jawab di dasarkan pada Alkitab? (Yunus 1&4, Mat. 25:24-25, Roma 5:3-4)
2.      Sebutkan contoh cobaaan lari dari tanggung jawab yang terjadi dalam kehidupan masyarakat





Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule,S,Pd











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                               :  SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  IX/I
Standar Kompetensi         :  Nilai-nilai Kristiani
                                                Bertanggung jawab terhadap diri sendiri,sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukan dirinya sebagai orang yang diselamatkan
Kompetensi Dasar            :    Memahami bentuk dan menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap diri sendir dan masyarakat
Indikator                              :  Mewujudkan sikap bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama dan mayarakat                       
Alokasi Waktu                    :  4 jam pelajaran  (4X40 menit)


I.            Tujuan Pembelajaran
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
a. Memberikan contoh wujud sikap bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama dan masyarakat
b. Menjelaskan manfaat tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
c. Meberikan contoh penggunaan uang dan waktu yang baik
d. Menyebutkan akibat-akibat penggunaan narkoba terhadap manusia

II.            Materi Pembelajaran
a. Pemahaman bahwa tanggung jawab sangat bermanfaat dalam kehidupan
b. Menggunakan uang dan waktu dengan baik
c. Narkoba

III.            Metode Pembelajaran
Diskusi, Penugasan

IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.      Pertemuan pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan
-         Menyanyi dan berdoa bersama
-         Memotivasi siswa
2.           Kegiatan inti
-         Guru memberikan motivasi tentang sikap bertanggung jawab terhadap diri sendiri, seama, dan masyarakat 
-         Membaca Alkitab Efesus 3:18-19, Filipi 3:13-14
-         Guru membagi kelompok dan siswa mendiskusikan tentang wujud sikap bertanggung jawab terhadap diri sendiri, seama dan masyarakat beserta contoh-contohnya
-         Manfaat tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
-         Prosentase hasildiskusi/kesimpulan
3.      Kegiatan Penutup
-         Menyimpulkan hasil diskusi
-         Pemberian tugas
-         Doa penutup
b.     a.Pertemuan kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan
-         Menyanyi dan berdoa bersama
-         Apersepsi
2.      Kegiatan inti
-         Guru memotivasi siswa sambil menujukkan gambar tentang narkoba
-         Guru membagi kelompok pada siswa dan mendiskusikan tentang:
·        Penggunaan uang dan waktu dengan baik beserta contohnya
·        Akibat-akibat penggunaan narkoba terhadap manusia
·        Presentasi
3.      Kegiatan Penutup
-         Kesimpulan hasil diskusi
-         Pemberian tugas
-         Doa penutup

V.            Sumber Belajar 
Alkitab, Cermin Remaja IX, Hidup Baru IX, gambar-gambar narkoba

VI.            Penilaian
a.      Tes uraian


b.      Soal:
1.      Sebutkan sikap-sikap yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesame dan manusia
2.      Sebutkan manfaat tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
3.      Berikan contoh cara penggunaan uang dan waktu yang baik
4.      Sebutkan akibat-akibat penggunaan narkoba terhadap manusia





Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidul,S.Th






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                               :  SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  IX/I
StandarKompetensi          :  Nilai-nilai Kristiani
                                                Bertanggung jawab terhadap diri sendiri,sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukan dirinya sebagai orang yang diselamatkan
Kompetensi Dasar            :  Memahami bentuk dan menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap diri sendir dan masyarakat
Indikator                              :  Mengidentifikasikan contoh cobaan lari dari tanggung jawab                       
Alokasi Waktu                    :  2 jam pelajaran  (2X40 menit)


I.            Tujuan Pembelajaran
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
a.      memberikan contoh cobaab lari dari tanggung jawab dalam Alkitab
b.      Menunjukan contoh cobaan lari dari tanggung jawab dalam masyarakat

II.            Materi Pembelajaran
Ketidaktahuan tujuan sesuatu hal membuat manusia lari dari tanggung jawab

III.            Metode Pembelajaran
Diskusi

IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
-         Berdoa bersama dipimpin oleh peserta didik
-         Memotivasi siswa
-         Menyampaikan materi yang disampaikan
Kegiatan inti
-         Siswa membaca Alitab Yunus pasal 1&4, Mat. 25:24-25, Roma 5:3-4
-         Guru membagi kelompok, sis wa mendiskusikan contoh-contoh cobaan lari dari tanggung jawab menurut Alkitab
-         Kelompok mempresentasikan hasil
Kegiatan Penutup
-         Menyimpulkan hasil dan refleksi
-         Penugasan
-         Siswa menyanyi KJ no. 277 dan berdoa bersama

V.            Sumber Belajar 
Alkitab, Cermin Remaja IX, Hidup Baru IX, media

VI.            Penilaian
a.      Tehnik tes : Uraian
b.      Soal:
1.      Sebutkan contoh cobaan lari dari tanggung jawab di dasarkan pada Alkitab? (Yunus 1&4, Mat. 25:24-25, Roma 5:3-4)
2.      Sebutkan contoh cobaaan lari dari tanggung jawab yang terjadi dalam kehidupan masyarakat





Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule,S.Pd













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP                                    :  SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  IX/I
Standar Kompetensi         :  Nilai-nilai Kristiani
                                                Bertanggung jawab terhadap diri sendiri,sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukan dirinya sebagai orang yang diselamatkan
Kompetensi Dasar            :  Memahami bentuk dan menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap diri sendir dan masyarakat
Indikator                              :  Melaksanakan misinya sebagai orang-orang yang sudah ditebus Allah dalam kehidupan masyarakat                       
Alokasi Waktu                    :  2 jam pelajaran  (2X40 menit)


I.            Tujuan Pembelajaran
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
-         Mampu melakasanakan misinya sebagai orang yang sudah ditebus Allah dalam kehidupan masyarakat
-         Mampu mendemontrasikan tanggung jawab sebagai orang yang sudah ditebus Allah

II.            Materi Pembelajaran
-         Tubuh manusia sebagai tempat Allah yang memberi kemampuan untuk menyadari tanggung jawab

III.            Metode Pembelajaran
Diskusi, ceramah

IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
-         Berdoa bersama
-         Memotivasi peserta didik
-         Menyampaikan materi
   

2.      Kegiatan inti
-         Guru Menjelaskan tentang misi sebagai orang yang sudah di tebus Allah, terhadap diri sendiri, sesama dan masyarakat 
-         Menjelaskan berdasarkan ayat-ayat Alkitab Markus 12:43-44, Matius 5:48
-         Guru membagi kelompok kecil untuk mendiskusikan tanggung jawab dari orang yang sudah ditebus Allah
3.      Kegiatan Penutup
-         Guru menyimpulkan
-         Menyanyi dan berdoa

V.            Sumber Belajar 
Alkitab, Cermin Remaja IX, Hidup Baru IX

VI.            Penilaian
a.      Teknik tes : penugasan
b.      b.Bentuk intrumen : uraian
c.      c.Soal:
1.      Sebutkan misi dari orang-orang yang sudah ditebus Allah
2.      Sebutkan sikap hidup yang telah ditebus Allah





Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                               :  SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  IX/I
StandarKompetensi          :  Nilai-nilai Kristiani
                                                Bertanggung jawab terhadap diri sendiri,sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukan dirinya sebagai orang yang diselamatkan
Kompetensi Dasar            :  Memahami bentuk dan menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap diri sendir dan masyarakat
Indikator                              :  Menjelaskan alasan remaja berperan serta dalam kehidupan masyarakat                    
Alokasi Waktu                    :  4 jam pelajaran  (4X40 menit)


I.            Tujuan Pembelajaran
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
a.      Mampu menjelaskan alasan remaja berperan dalam masyarakat
b.      Mampu mengidentifikasi peran remajadalam masyarakat

II.            Materi Pembelajaran
a.      Menyadari bahwa manusia adalah mahkluk sosial dalam hidup bersama
b.      Sikap pada masyarakat majemuk dalam kehidupan yang bertoleransi

III.            Metode Pembelajaran
Diskusi, penugasan

IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
-         Berdoa bersama yang dipimpin oleh peserta didik
-         Memotivasi peserta didik dengan menyadari bahwa manusia adalah mahkluk social
Kegiatan inti
-         Menyampaikan materi yang akan disampaikan pada peserta didik 
-         Peserta didik membuat kelompok kecil untuk mendiskusikan tentang alasan remaja berperan serta dalam masyarakat
Kegiatan Penutup
-         Guru bertanya secara lisan tentang materi yang telah disampaikan
-         Guru memberikan tugas kepeda didik untuk mendiskusikan kembali tentang peran remaja dalam masyarakat
-         Doa penutup yang dipimpin oleh peserta didik

V.            Sumber Belajar 
Alkitab, Cermin Remaja IX, Hidup Baru IX

VI.            Penilaian
a.      Teknik tes : penugasan
b.      Bentuk intrumen : uraian
c.      Soal:
1.      Jelaskan inti peran remaja dalam masyakat
2.      Berikan contoh peran remaja dalam masyarakat
3.      Bagaimana ciri-ciri peran remaja dalam masyarakat





Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                               :  SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                 :  IX/I
StandarKompetensi          :  Nilai-nilai Kristiani
                                                Bertanggung jawab terhadap diri sendiri,sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukan dirinya sebagai orang yang diselamatkan
Kompetensi Dasar            :  Memahami bentuk dan menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan masyarakat
Indikator                              : Mengidentifikasi peran serta remaja dalam masyarakat                    
Alokasi Waktu                    :  2 jam pelajaran  (2X40 menit)


I.            Tujuan Pembelajaran
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
a.      Memahami peran sertanya dalam masyarakat
b.      Menunjukkan contoh sikap bertanggung jawab dalam masyarakat
c.      Menunjukkan sikap positif yang proaktif dalam perannya di masyarakat

II.            Materi Pembelajaran
Peran remaja dalam masyarakat

III.            Metode Pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab

IV.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
-         Berdoa bersama yang dipimpin oleh peserta didik
Kegiatan inti
-         Guru menyampaikan uraian materi pelajaran kemudian bimbinglah peserta didik untuk membaca dan merenungkan 1 Timotius 1:18 (baca juga ayat sebelum dan sesudahnya)
-         Guru meminta peserta didik untuk menuliskan pengalaman mereka bersama teman-temannya mengenai kegiatan bersama yang dilakukan di luar sekolah (Mis. Bakti sosial, kegiatan olah raga kesenian, dsb)
-         Guru memotivasi siswa tentang manfaat apa yang dipetik dari kegiatan bersama itu.
Kegiatan Penutup
-         Guru bertanya secara lisan pada peserta didiktentang materi yang telah disampaikan
-         Guru menambahkan penjelasan apabila dianggap perlu
-         Menyanyikan sebuah lagu pujian yang berhubungan dengan materi
-         Bedoa bersama yang dipimpin oleh siswa atau guru

V.            Sumber Belajar 
Alkitab, Cermin Remaja IX, Hidup Baru IX

VI.            Penilaian
a.      Teknis : Tes tulis dan penugasan
b.      Bentuk intrumen : uraian
c.      Soal:
1.      Mengapa kita harus berperan serta dalam kehidupan masyarakat
2.      Apa peran yang kamu lakukan sebagai remaja Kristen dalam masyarakat
3.      Menurut kamu, apa yang dimaksud dengan memperjuangkan yang baik dalam 1 Timotius 1 : 18 ?
4.      Sebutkan alasan remaja kristen berperan dalam masyarakat
5.      Sebutkan 3 hal yang menunjukkan bukti keterlibatan kamu dan masyarakat





Mengetahui :
Kepala Sekolah




…………………………..

Manado, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran,




Jaksen Bidule,S.Th



RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)


Sekolah                            :     SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran              :     Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester              :     IX / II
Standar Kompetensi     :     Nilai-nilai Kristiani
                                                Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukkan dirinya sebagai orang yang sudah diselamatkan
Indikator                         :     Menjelaskan hakikat gereja
                                                Menjelaskan panggilan gereja dalam masyarakat
Alokasi Waktu               :     4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
                                                4 x 40 menit

1.   Tujuan Pembelajaran
      Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu untuk:
      a.   Menjelaskan pengertian tentang gereja
      b.   Menjelaskan awal terbentuknya gereja
      c.   Menjelaskan tugas panggilan gereja
      d.   Menentukan sifat-sifat gereja

2.   Materi Pelajaran
      -     Arti gereja
      -     Awal terbentuknya gereja
      -     Tugas panggilan gereja
      -     Sifat-sifat gereja

3.   Metoda Pembelajaran : ceramah, diskusi

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      A.  Pertemuan Pertama
            1)  Kegiatan Pendahuluan
                  a.   Menyanyi sebuah lagu pujian yang berhubungan dengan materi
                  b.   Berdoa bersama yang dipimpin oleh peserta didik
                  c.   Menyanyi bersama, dengan lagu yang sesuai dengan materi pelajaran

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Menjelaskan arti gereja
                  -     Menjelaskan awal  terbentuknya gereja
                  -     Menjelaskan tugas panggilan gereja
                  -     Menentukan sifat-sifat gereja

            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Guru memberi tugas rumah tentang program kepedulian gereja kepada masyarakat
                  -     Menyanyi bersama
                  -     Berdoa bersama

      B.  Pertemuan Kedua
            1)  Kegiatan Pendahuluan
                  a.   Berdoa bersama yang dipimpin oleh peserta didik
                  b.   Memberi apersepsi
                  c.   Meminta peserta didik untuk mengumpulkan tugas

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok untuk membuat peragaan yang mencerminkan sifat-sifat gereja
                  -     Mengadakan tanya jawab dengan peserta untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan siswa tentang kompetensi
                  -     Guru menambahkan penjelasan apabila dianggap masih perlu

            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Guru memberi pertanyaan secara lisan untuk mengetahui apakah kompetensi telah tercapai atau belum
                  -     Menyanyi sebuah lagu pujian yang berhubungan dengan materi
                  -     Berdoa bersama yang dipimpin oleh peserta didik

5.   Sumber Belajar
      -     Alkitab, Cermin Remaja, Hidup Baru, Teks Lagu

6.   Penilaian
      a.   Teknik tes lisan, penugasan
      b.   Bentuk instrumen: uraian
      c.   Soal :
            1.   Jelaskan arti gereja
            2.   Jelaskan awal terbentuknya gereja
            3.   Jelaskan tugas panggilan gereja
            4.   Bagaimana sifat-sifat gereja



                          Mengetahui                                             Guru Mata Pelajaran
                       Kepala Sekolah                                                                      





                 Lindawati Sambas,S.Pd                                     Jaksen Bidule,S.Th
                

.


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)


Sekolah                            :     SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran              :     Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester              :     IX / II
Standar Kompetensi     :     Nilai-nilai Kristiani
                                                Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukkan dirinya sebagai orang yang sudah diselamatkan
Kompetensi Dasar        :     Membangun sikap kritis terhadap perannya sebagai anggota gereja dalam masyarakat untuk mewujudkan diri sebagai orang yang sudah diselamatkan
Indikator                         :     -     Mewujudkan 3 tugas panggilan gereja
                                                -     Merancang program kepedulian gereja pada masyarakat
Alokasi Waktu               :     4 jam pelajaran (2 x pertemuan)

1.   Tujuan Pembelajaran
      Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu untuk:
      a.   Menjelaskan tiga tugas gereja
      b.   Membuat program kepedulian gereja pada masyarakat

2.   Materi Pelajaran
      -     3 tugas panggilan gereja
      -     Program kepedulian gereja

3.   Metoda Pembelajaran : ceramah, diskusi

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      A.  Pertemuan Pertama
            1)  Kegiatan Pendahuluan / Awal
                  -     Berdoa bersama dipimpin oleh peserta didik
                  -     Menyanyi bersama dengan lagu yang sesuai dengan materi pembelajaran
                  -     Memotivasi peserta didik dengan menunjukkan gambar seorang anak yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama gereja dan masyarakat
                  -     Menanyakan kepada peserta didik tentang arti tanggung jawab    

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Menyebut 3 tugas panggilan gereja
                  -     Menjelaskan tiga tugas panggilan gereja
                  -     Membuat contoh 3 tugas panggilan gereja

            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Guru memberi tugas untuk mewawancarai Pendeta atau majelis jemaat di gereja masing-masing sejauh mana tiga tugas gereja ini dilakukan
                  -     Menyanyi  bersama sebagai ungkapan syukur kepada ALlah
                  -     Berdoa

      B.  Pertemuan Kedua
            1)  Kegiatan Pendahuluan
                  a.   Berdoa bersama yang dipimpin oleh peserta didik
                  b.   Memberi apersepsi
                  c.   Mengumpulkan tugas hasil wawancara

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok untuk menyusun program kepedulian gereja pada masyarakat
                  -     Mengadakan tanya jawab dengan peserta untuk menggali pengetahuannya tentang materi
                  -     Guru menambahkan penjelasan apabila dianggap masih perlu

            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Guru memberi pertanyaan secara lisan untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian kompetansi / materi pelajaran
                  -     Menyanyi sebuah lagu pujian
                  -     Berdoa

5.   Sumber Belajar
      -     Alkitab, Cermin Remaja IX, Hidup Baru IX

6.   Penilaian
      a.   Teknik : Tes lisan, penugasan
      b.   Bentuk instrumen: uraian
      c.   Soal :
            1.   Sebutkan tiga tugas panggilan gereja
            2.   Jelaskan tiga tugas panggilan gereja
            3.   Buatlah bagan tentang program kepedulian gereja pada masyarakat
            4.   Bagaimana sifat-sifat gereja




                          Mengetahui                                             Guru Mata Pelajaran
                       Kepala Sekolah                                                                      





                 Lindawati Sambas,S.Pd                                     Jaksen Bidule,S.Th
                


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)


Sekolah                            :     SMP Kristen Irerne Manado
Mata Pelajaran              :     Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester              :     IX / II
Standar Kompetensi     :     Nilai-nilai Kristiani
                                                Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukkan dirinya sebagai orang yang sudah diselamatkan
Kompetensi Dasar        :     Membangun sikap kritis terhadap perannya sebagai anggota gereja dalam masyarakat untuk mewujudkan diri sebagai orang yang sudah diselamatkan
Indikator                         :     -     Mewujudkan tanggung jawab dalam kehidupan bergereja dalam masyarakat melalui peran serta di lingkungan masing-masing
                                                -     Bersikap kritis terhadap perkembangan gereja di sekitarnya
                                                -     Mewujudkan fugnsi tugas gereja di tengah masyarakat
Alokasi Waktu               :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)

1.   Tujuan Pembelajaran
      Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu untuk:
      a.   Menunjukkan sikap yang bertanggung jawab selaku orang percaya di lingkungan masyarakat    
      b.   Bersikap kritis terhadap perkembangan gereja
      c.   Melakukan fungsi tugas gereja di masyarakat

2.   Materi Pelajaran
      -     Siswa mendata perkembangan gereja
      -     Melaporkan hasil kerja kelompok

3.   Metoda Pembelajaran : ceramah, diskusi

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      A.  Pertemuan Pertama
            1)  Kegiatan Pendahuluan / Awal
                  -     Menyanyi dan berdoa
                  -     Pemeriksaan buku catatan recording
                  -     Memberikan motivasi
            2)  Kegiatan Inti
                  -     Guru menjelaskan materi tentang program gereja yang dapat dilakukan siswa
                  -     Siswa melakukan tugas menyusun program kegiatan di masyarakat
                  -     Siswa membacakan program yang telah disusun
            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Menyanyi berdoa mengakhiri KBM



      B.  Pertemuan Kedua
            1)  Kegiatan Pendahuluan
                  -     Menyanyi dan berdoa
                  -     Memberi apersepsi

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Guru menjelaskan materi tanggung jawab gereja dalam masyarakat
                  -     Siswa melaksanakan diskusi kelompok
                  -     Siswa melaporkan hasil kerja kelompok

            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Guru mengumpulkan hasil kerja kelompok siswa
                  -     Menyanyi dan berdoa

5.   Sumber Belajar
      -     Alkitab, Cermin Remaja IX, Hidup Baru IX

6.   Penilaian
      a.   Teknik : penugasan
      b.   Bentuk instrumen: laporan
      c.   Soal :
            1.   Buatlah laporan hasil kunjungan anda dalam kegiatan kunjungan orang sakit
            2.   Sesudah laporan hasil pengamatan tentang perkembangan gereja
            3.   Sebutkan tugas anda sebagai gereja di tengah masyarakat.



                          Mengetahui                                             Guru Mata Pelajaran
                       Kepala Sekolah                                                                      



                 Lindawati Sambas,S.Pd                                     Jaksen Bidule,S.Th
              


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)


Sekolah                            :     SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran              :     Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester              :     IX / II
Standar Kompetensi     :     Nilai-nilai Kristiani
                                                Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukkan dirinya sebagai orang yang sudah diselamatkan
Indikator                         :     Menjelaskan perkembangan gereja dan keunggulan gereja
Alokasi Waktu               :     4 jam pelajaran (2 x 40 menit)

I.    Tujuan Pembelajaran
      Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu untuk:
      a.   Menjelaskan sejarah terbentuknya gereja
      b.   Menjelaskan mengapa gereja meluas ke luar Palestina
      c.   Menyebutkan kelemahan-kelemahan gereja
      d.   Menyebutkan keunggulan-keunggulan gereja dalam kehidupan jemaat

II.   Materi Pelajaran
      -     Perkembangan gereja, kelemahan dan keunggulannya

III. Metoda : diskusi

IV. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      a.   Pertemuan Pertama
            1)  Kegiatan Pendahuluan
                  -     Menyanyi dan berdoa dipimpin oleh peserta didik
                  -     Memotivasi peserta didik dengan menunjukkan gambar gereja dan kegiatannya

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Guru memberikan penjelasan tentang perkembangan gereja, kelemahan dan keunggulannya
                  -     Menjelaskan isi dari Alkitab Efesus 2:9; 9:19-22
                  -     Peserta didik mendiskusikan gereja sebagai anggota keluarga Allah

            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Guru bertanya secara lisan kepada peserta didik tentang materi yang telah disampaikan
                  -     Guru memberikan tugas kepada peserta didik

      b.   Pertemuan Kedua
            1)  Kegiatan Pendahuluan
                  -     Menyanyi dan berdoa
                  -     Memberi apersepsi

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi masing-masing
                  -     Mengadakan tanya jawab peserta didik untuk menggali pengetahuannya tentang materi
                  -     Guru menambahkan penjelasan apabila dianggap masih perlu

            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Guru memberi pertanyaan secara lisan untuk mengetahui apakah kompetensi telah dicapai atau belum
                  -     Menyanyi dan berdoa

5.   Sumber Belajar
      -     Alkitab, Cermin Remaja 3, Hidup Baru 3

6.   Penilaian  :     a.   Teknis Tes : Penugasan peserta didik mencari informasi tentang perkembangan gereja, kelemahan dan keunggulannya di jemaat masing-masing
                              b.   Bentuk instrumen : uraian
      Soal :
            1.   Dimanakah gereja mula-mula dibentuk
            2.   Bagaimana perkembangan gereja sampai saat ini
            3.   Berikan contoh tentang perkembangan gereja
            4.   Apa keunggulan gereja dalam hidup masyarakat.






                          Mengetahui                                             Guru Mata Pelajaran
                       Kepala Sekolah                                                                      





                 Lindawati Sambas,S.Pd                                     Jaksen Bidule,S.Th
              



RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)

Sekolah                            :     SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran              :     Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester              :     VII / II
Standar Kompetensi     :     Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara dan menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan
Kompetensi Dasar        :     Menjelaskan hanya Allah yang dapat mengampuni dan menyelamatkan manusia
Indikator                         :     -     Menjelaskan Kerajaan Allah berisi berita pengampunan keselamatan dan hidup dan kekal
                                                -     Menjelaskan karya penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus
                                                -     Menjelaskan arti baptisan
                                                -     Menjelaskan perbedaan Allah dan manusia dalam menolong seseorang menolong keluar dari bahaya
                                                -     Menanggapi penyelamatan Allah dalam kehidupannya melalui tindakan ucapan syukur dan ibadah
Alokasi Waktu               :     10 jam pelajaran

I.    Tujuan Pembelajaran
      Siswa diharapkan mampu :
      -     Menjelaskan Injil Kerajaan Allah berisi berita pengampunan keselamatan dan hidup yang kekal
      -     Menjelaskan karya penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus
      -     Menjelaskan perbedaan Allah dan manusia dalam menolong seseorang dalam bahaya
      -     Menanggapi penyelamatan Allah dalam kehidupannya melalui tindakan, ucapan syukur dan ibadah

II.   Materi Pelajaran
      -     Injil Kerajaan Allah adalah berita sukacita mengenai Kerajaan Allah
      -     Karya Penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus
      -     Arti baptisan
      -     Allah menyelamatkan manusia dari dosa dan memberikan kesejahteraan bagi manusia
      -     Semua orang mengalami kasih setia Tuhan hendaknya mengucap syukur dalam sepanjang hidupnya

III. Metoda : ceramah, diskusi, penelaan Alkitab

IV. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      a.   Pertemuan Pertama
            1)  Pendahuluan
                  -     Menyanyi dan berdoa
                  -     Menginformasikan materi pelajaran
                  -     Memberikan motivasi

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Menelaah bagian Alkitab (Lukas 15:11-32; Yohanes 3:16,36;             
                        Yohanes 8:1-11)
                  -     Tanya jawab sekitar materi
                  -     Guru menyimpulkan

            3)  Penutup
                  -     Penugasan
                  -     Menyanyi berdoa

      B.  Pertemuan Kedua
            1)  Pendahuluan
                  -     Menyanyi dan berdoa
                  -     Tanya jawab tentang tugas
                  -     Informasi tentang materi
                  -     Motivasi

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Mengkaji bahwa karya penyelamatan Allah terhadap manusia hanya ada di dalam Yesus Kristus
                  -     Menyimpulkan hasil kajian materi

            3)  Penutup
                  -     Penugasan
                  -     Menyanyi dan berdoa

      C.  Pertemuan Ketiga
            1)  Pendahuluan
                  -     Menyanyi dan berdoa
                  -     Tanya jawab tentang tugas
                  -     Informasi tentang materi
                  -     Motivasi

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Menjelaskan tentang baptisan
                  -     Tanya jawab tentang baptisan
                  -     Guru menyimpulkan

            3)  Penutup
                  -     Penugasan
                  -     Menyanyi dan berdoa

      D.  Pertemuan Keempat
            1)  Pendahuluan
                  -     Menyanyi dan berdoa
                  -     Tanya jawab tentang tugas
                  -     Informasi tentang materi
                  -     Motivasi

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Mendiskusikan pertolongan Allah dan pertolongan dari sesama manusia
                  -     Menyimpulkan hasil diskusi

            3)  Penutup
                  -     Penugasan
                  -     Menyanyi dan berdoa

      E.   Pertemuan Kelima
            1)  Pendahuluan
                  -     Menyanyi dan berdoa
                  -     Tanya jawab tentang tugas
                  -     Informasi tentang materi
                  -     Motivasi

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Menelaah Alkitab (Mazmur 103, Roma 6:17-19,12; I Korintus 15:56-58;      I Tesalonika 5:16-17
                  -     Menyimpulkan hasil diskusi

            3)  Penutup
                  -     Menyanyi dan berdoa

V.  Sumber Belajar
      Alkitab, Kamus Alkitab, Pokok-pokok Iman Kristen, Dokmatika masa kini buku paket

VI. Penilaian
      a.   Teknik : Tes Lisan
      b.   Bentuk instrumen: uraian
      c.   Soal :
            1.   Jelaskan tentang Injil Kerajaan Allah yang berisi tentang berita pengampunan keselamatan dan hidup yang kekal, menurut Lukas 5:11-32, Yohanes 3:16; Yohanes 8:1-11
            2.   Apa arti hidup kekal
            3.   Jelaskan karya penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus
            4.   Sebutkan perbedaan pertolongan Allah dan pertolongan manusia
            5.   Apa arti Sakramen Kudus
            6.   Apa arti Baptisan Kudus
            7.   Menurut Lukas 12:13-21 dan Lukas 21:1-4, siapakah menurutmu yang mengucap syukur sungguh-sungguh
            8.   Bagaimana mengucap syukur dengan baik.
            9.   Bagaimanakah ibadah yang sejati.

                          Mengetahui                                             Guru Mata Pelajaran
                       Kepala Sekolah                                                                      



                 Lindawati Sambas,S.Pd                                     Jaksen Bidule,S.Th
              
RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)


Sekolah                            :     SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran              :     Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester              :     VIII / Genap
Standar Kompetensi     :     Nilai-nilai Kristiani
                                                Hidup bersyukur dalam segala hal serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi Dasar        :     Mewujudkan kesetiaan imannya walaupun menderita
Indikator                         :     Menjelaskan :
                                                1.   Penderitaan Kristus dan maknanya bagi orang percaya
                                                2.   Makna Salib sebagai kemuliaan bagi Allah
Alokasi Waktu               :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)

I.    Tujuan Pembelajaran
      Selesainya pembelajaran peserta didik diharapkan dapat :
      a.   Menjelaskan penderita Kristus dan maknanya bagi orang percaya
      b.   Menyebutkan arti Salib

II.   Materi Pelajaran
      a.   Penderitaan Kristus sebagai korban pengganti bagi manusia berdosa
      b.   Salin sebagai peristiwa yang hina
      c.   Salib sebagai kemuliaan

III. Metoda : diskusi

IV. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      a.   Pertemuan Pertama
            1)  Kegiatan Pendahuluan
                  -     Berdoa bersama dipimpin oleh siswa
                  -     Tanya jawab tentang penderitaan dalam hidup manusia
                  -     Menyimpulkan materi yang akan disajikan

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Guru menjelaskan tentang penderitaan Kristus dan maknanya bagi orang percaya
                  -     Membaca Alkitab : Yesaya 53:5-12
                  -     Guru membagi kelompok dan siswa mendiskusikan tentang penderitaan Kristus dan maknanya bagi orang percaya
                  -     Kelompok mempresentasikan hasil diskusi

            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Menyimpulkan hasil diskusi
                        Penugasan : mengumpulkan gambar tentang Salib/Penyaliban Yesus

      b.   Pertemuan Kedua
            1)  Kegiatan Pendahuluan
                  -     Berdoa bersama
                  -     Apersepsi guru menanyakan pelajaran minggu lalu
                  -     Meminta siswa bergabung dengan kelompok masing-masing

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Menugaskan siswa membaca dalam Alkitab kisah tentang Penyaliban Yesus (Matius 20:17-19)
                  -     Siswa mendiskusikan tentang makna Salib sebagai Kemuliaan Allah
                  -     Melaporkan hasil diskusi

            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Menyimpulkan hasil diskusi
                  -     Menyanyi KJ No. 368:1-3
                  -     Berdoa dipimpin oleh siswa

5.   Sumber Belajar
      -     Alkitab, Cermin Remaja VIII, Hidup Baru VIII

6.   Penilaian  :    
      a.   Teknis : tes lisan dan penugasan
      b.   Bentuk instrumen : uraian
      c.   Soal :
            1.   Jelaskan makna penderitaan Kristus bagi orang percaya
            2.   Sebutkan arti Salib
            3.   Berikan contoh tentang perkembangan gereja
            4.   Apa keunggulan gereja dalam hidup masyarakat.



                          Mengetahui                                             Guru Mata Pelajaran
                       Kepala Sekolah                                                                      





                 Lindawati Sambas,S.Pd                                     Jaksen Bidule,S.Th
              


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)


Sekolah                            :     SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran              :     Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester              :     VIII / Genap
Standar Kompetensi     :     Mampu mewujudkan hidup beriman dalam pengharapan
Kompetensi Dasar        :     Siswa mampu menjelaskan makna kesetiaan iman dalam penderitaan
Indikator                         :     Mendiskusikan makna penderitaan
Alokasi Waktu               :     4 x 40 menit

1.   Tujuan Pembelajaran
      Selesainya pelajaran peserta didik diharapkan mampu menunjukkan :
      a.   Sebab-sebab terjadinya penderitaan
      b.   Menjelaskan arti penderitaan Yesus Kristus
      c.   Dapat membedakan arti penderitaan manusia dan penderitaan Kristus

2.   Materi Pelajaran
      a.   Makna penderitaan dalam pengertian yang benar
      b.   Penderitaan sebagai ketidakadilan

3.   Metoda Pembelajaran
      Diskusi dan tanya jawab

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      a.   Pertemuan Pertama
            1)  Kegiatan Pendahuluan
                  -     Berdoa dan bernyanyi bersama yang dipimpin oleh peserta didik
                  -     Memotivasi peserta didik dengan menunjukkan gambar yang berhubungan tentang penderitaan
                  -     Menyampaikan materi yang akan dipelajari kepada peserta didik pada pertemuan pertama

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Membaca Alkitab Yesaya 53:5-12; Roma 9:23; I Petrus 3:17-18
                  -     Guru memberikan penjelasan tentang sebab-sebab terjadinya penderitaan
                  -     Siswa membuat kelompok kecil untuk mendiskusikan:
§        Arti penderitaan Yesus Kristus
§        Penderitaan manusia dan penderitaan Kristus
§        Melaporkan hasil diskusi kelompok
§        Menarik kesimpulan mengenai materi diskusi

            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Guru bertanya secara lisan pada siswa tentang materi yang telah didiskusikan
                  -     Doa penutup yang dipimpin oleh siswa

      b.   Pertemuan Kedua
            1)  Kegiatan Pendahuluan
                  -     Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa
                  -     Memotivasi siswa dengan menanyakan pelajaran minggu yang lalu
                  -     Meminta siswa bergabung dengan kelompok masing-masing

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi masing-masing
                  -     Mengadakan tanya jawab peserta didik untuk menggali pengetahuannya tentang materi
                  -     Guru menambahkan jawaban apabila dianggap masih perlu

            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Guru memberi pertanyaan secara lisan untuk mengetahui apakah kompetensi telah dicapai atau belum
                  -     Menyanyi Lagu Karena KasihNya padaku
                  -     Siswa memberikan tugas untuk membuat kliping tentang penderitaan Kristus
                  -     Berdoa bersama dipimpin oleh siswa

5.   Sumber Belajar
      -     Alkitab, Cermin Remaja II

6.   Penilaian  :    
      a.   Teknis : penugasan dan uraian
      b.   Soal :
            1.   Menunjukkan sebab-sebab terjadinya penderitaan
            2.   Menjelaskan arti penderitaan Yesus Kristus
            3.   Menjelaskan perbedaan penderitaan manusia dan penderitaan Kristus



                          Mengetahui                                             Guru Mata Pelajaran
                       Kepala Sekolah                                                                      





                 Lindawati Sambas,S.Pd                                     Jaksen Bidule,S.Th
                

           

  

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)


Sekolah                            :     SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran              :     Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester              :     VIII / Genap
Standar Kompetensi     :     Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujdukan hidup beriman dalam berpengharapan
Kompetensi Dasar        :     Meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan
Indikator                         :     -     Mengidentifikasikan keteladanan Kristus dalam menghadapi penderitaan.
                                                -     Mendeskripsikan penderitaan menurut iman Kristen
Alokasi Waktu               :     6 x 40 menit (3 x pertemuan)

1.   Tujuan Pembelajaran
      Selesainya pelajaran peserta didik diharapkan mampu menunjukkan :
      a.   Mengidentifikasi keteladanan Kristus dalam menghadapi kesulitan
      b.   Menjelaskan makna penderitaan melalui kematian Yesus Kristus bagi orang percaya
      c.   Mendeskripsikan penderitaan menurut iman Kristen
      d.   Menemukan dalam Alkitab ayat yang mendukung tentang keteladanan Kristus dalam menghadapi penderitaan
      e.   Mengkritisi makna penderitaan (tidak menerima penderitaan begitu saja)

2.   Materi Pelajaran
      a.   Mendeskripsikan arti penderitaan
      b.   Merefleksikan keteladanan Kristus dalam menghadapi penderitaan
      c.   Mengidentifikasi bentuk-bentuk penderitaan dalam kehidupan

3.   Metoda Pembelajaran
      Ceramah dan demonstrasi

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      a.   Pertemuan Pertama
            1)  Kegiatan Pendahuluan
                  -     Berdoa bersama dipimpin oleh peserta didik
                  -     Menyanyi bersama dengan lagu yang sesuai dengan materi pembelajaran
                  -     Memberikan motivasi kepada peserta didik dengan menunjukkan gambar Tuhan Yesus di Salib
                  -     Menanyakan kepada peserta didik tentang arti menderita bagi mereka

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Menemukan dalam Alkitab jalan penderitaan Yesus dengan membaca Roma 3:21-31
                  -     Menjelaskan apa makna penderitaan Kristus bagi orang percaya
                  -     Menunjukkan kepada peserta didik tentang kesungguhan dalam mengikuti teladan Kristus dalam iman orang percaya

            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Guru memberi tugas rumah untuk membuat gambar Salib yang mengandung nilai penderitaan
                  -     Menyanyi dan berdoa bersama karena Tuhan sudah memimpin kegiatan belajar

      b.   Pertemuan Kedua
            1)  Kegiatan Pendahuluan
                  -     Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa
                  -     Memberikan gambaran tentang arti dari penderitaan
                  -     Menanyakan kepada peserta didik bagaimana menderita sebagai orang Kristen

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Dengan membaca Alkitab siswa dapat menemukan jalan penderitaan Yesus (Roma 3:21-31)
                  -     Memberikan satu contoh makna penderitaan Kristus bagi orang percaya
                  -     Memberikan satu contoh wujud kesanggupan iman orang percaya dalam mengikuti teladan Kristus

            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Menyebutkan contoh orang yang percaya kepada Tuhan dalam meneladani Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat
                  -     Menyanyi sebuah lagu pujian yang berhubungan dengan materi
                  -     Berdoa bersama dipimpin oleh siswa

      c.   Pertemuan Ketiga
            1)  Kegiatan Pendahuluan
                  -     Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa
                  -     Memotivasi peserta didik menanyakan pelajaran lalu
                  -     Mengumpulkan tugas rumah yang sudah dibuat

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Siswa dibagi lagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan tentang kehidupan orang beriman dalam mengikut Tuhan
                  -     Mengadakan tanya jawab mengenai materi tersebut
                  -     Menambahkan penjelasan apabila dianggap perlu

            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Guru memberikan pertanyaan secara lisan untuk mengetahui apakah kompetensi dasar sudah tercapai atau belum
                  -     Bernyanyi dan berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa, karena Tuhan sudah memimpin kegiatan belajar

5.   Sumber Belajar
      Alkitab, Buku Teks, Teks Lagu dan Gambar

6.   Penilaian  :    
      a.   Teknik : lisan
      b.   Soal :
            1.   Sebutkanlah contoh-contoh penderitaan yang diakibatkan oleh manusia?
            2.   Sebutkan tokoh-tokoh Alkitab yang menderita karena percaya kepada Yesus.
            3.   Tuliskan hal-hal yang membuat orang menderita

                          Mengetahui                                             Guru Mata Pelajaran
                       Kepala Sekolah                                                                      




                 Lindawati Sambas,S.Pd                                     Jaksen Bidule,S.Th
              
RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)


Sekolah                            :     SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran              :     Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester              :     VIII / Genap
Standar Kompetensi     :     Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujdukan hidup beriman dalam berpengharapan
Kompetensi Dasar        :     Meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan
Indikator                         :     -     Menjelaskan arti perjamuan kudus
                                                -     Menjelaskan makna perjamuan kudus dalam kehidupan orang percaya
                                                -     Mendemonstrasikan perayaan perjamuan kudus yang dilakukan oleh Yesus dan murid-muridNya dalam kelas
Alokasi Waktu               :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)

1.   Tujuan Pembelajaran
      Selesainya pelajaran peserta didik diharapkan mampu menunjukkan :
      a.   Mencari dasar Alkitabiah tentang perjamuan kudus
      b.   Menjelaskan arti perjamuan kudus
      c.   Menjelaskan makna perjamuan kudus dalam kehidupan orang percaya
      d.   Membedakan pelaksanaan perjamuan kudus yang dilaksanakan di gereja-gereja

2.   Materi Pelajaran
      -     Arti dan makna perjamuan kudus

3.   Metoda Pembelajaran
      Ceramah dan demonstrasi

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      a.   Pertemuan Pertama
            1)  Kegiatan Pendahuluan
                  -     Berdoa bersama dipimpin oleh peserta didik
                  -     Pemeriksaan buku catatan recording
                  -     Memberikan motivasi

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
                  -     Mendiskusikan tentang arti dan makna perjamuan kudus lewat
                        literatur
                  -     Melaporkan hasil diskusi kelompok
                  -     Guru menarik kesimpulan dari hasil diskusi kelompok

            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Menyanyi dan berdoa

      b.   Pertemuan Kedua
            1)  Kegiatan Pendahuluan
                  -     Berdoa dan berdoa dipimpin oleh siswa
                  -     Pemeriksaan recording
                  -     Memberikan motivasi

            2)  Kegiatan Inti
                  -     Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
                  -     Mencari dan menemukan dalam Alkitab tentang perjamuan kudus yang dilakukan Yesus dan murid-muridNya
                  -     Mendemonstrasikan perjamuan kudus di dalam kelas sesuai dengan pelaksanaan di gereja masing-masing
                  -     Guru menarik kesimpulan

            3)  Kegiatan Penutup
                  -     Menyanyi dan berdoa oleh seorang siswa
5.   Sumber Belajar
      Alkitab, Cermin Remaja 2004, Intisari Iman Kristen Dogmatika Masa Kini

6.   Penilaian  :    
      a.   Teknik : Tes Tertulis
      b.   Bentuk Instrumen : Uraian
      c.   Soal :
            1.   Sebutkanlah arti perjamuan kudus?
            2.   Sebutkan materi yang digunakan dalam perjamuan kudus?
            3.   Sebutkan makna perjamuan kudus?
            4.   Sebutkan cara yang digunakan dalam pelaksanaan perjamuan kudus di gereja masing-masing
            5.   Tuliskan hal-hal yang membuat orang menderita


           




Tidak ada komentar:

Posting Komentar