RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Kristen Irene
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VII / I
StandarKompetensi : Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan,
memelihara, dan menyelamatkan manusia, serta seluruh ciptaan.
Kompetensi
Dasar : Menjelaskan makna manusia sebagai mahkota ciptaan Allah.
Indikator : Menjelaskan makna manusia sebagai gambar dan
rupa Allah
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 X40 menit)
I.
Tujuan Pembelajaran :
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
a.
Mampu menjelaskan makna manusia sebagai gambar dan rupa
Allah
b.
Mampu menyatakan kasih dan anugerah Allah yang
diterimanya kepada sesama
c.
Mampu
mengidentifikasi sesuatu/perilaku yang menunjukkan manusia sebagai gambar dan
rupa Allah
II.
Materi Pembelajaran :
a.
Arti gambar dan
rupa Allah
b.
Manusia diberi
mandat untuk berkarya
c.
Contoh-contoh tindakan yang
mencerminkan gambar dan rupa Allah
III.
Metode :
Ceramah, diskusi, peragaan
IV.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
a.
Pertemuan
pertama
1)
Kegiatan Pendahuluan
-
Berdoa bersama yang
dipimpin oleh peserta didik
- Memotivasi peserta didik dengan menunjukkan gambar manusia
- Menyampaikan materi yang akan dipelajari oleh peserta didik
pada pertemuan pertama
2)
Kegiatan Inti
-
Guru memberikan
penjelasan tentang arti gambar dan rupa Allah: manusia memiliki citra atau
sifat-sifat Allah yang memiliki tanggung jawab untuk memelihara bumi beserta
isinya seperti yang telah dimandatkan Allah kepada manusia
- Menjelaskan isi dari Kitab Kejadian 1 : 26 ; Kejadian 2 :
15-24
- Peserta didik membuat kelompok kecil untuk mendiskusikan cara
Allah menciptakan manusia, serta tanggung jawabnya kepada Allah.
3)
Kegiatan penutup
-
Guru bertanya secara
lisan pada peserta didik tentang materi yang telah disampaikan
-
Guru memberikan tugas
kepada peserta didik untuk mendiskuskan kembali cara Allah menciptakan manusia
serta tanggung jawabnya kepada Allah(refleksi)
-
Doa penutup yang
dipimpin oleh peserta didik
b.
Pertemuan
kedua
1)
Kegiatan pendahuluan
-
Berdoa bersama yang
dipimpin oleh peserta didik
-
Memotivasi peserta
didik dengan menanyakan pelajaran minggu yang lalu.
-
Meminta peserta didik
bergabung dengan kelompoknya masing-masing.
2)
Kegiatan Inti
-
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusinya masing-masing.
-
Mengadakan tanya jawab
antar peserta didik untuk menggali pengetahuannya tentang materi.
-
Guru menambahkan
penjelasan apabila dianggap masih perlu.
3)
Kegiatan penutup
-
Guru memberi pertanyaan
secara lisan untuk mengetahui apakah kompetensi telah tercapai atau belum.
- Menyanyikan sebuah lagu pujian yang berhubungan dengan materi.
- Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa atau guru.
V.
Sumber Belajar :
Alkitab,
Cermin Remaja !, gambar dan rupa Allah
VI.
Penilaian:
a. Teknik tes : penugasan
b. Berdoa bersama : Uraian
c.
Soal:
1)
Tuliskan bagian Alkitab tentang Allah menciptakan manusia
2)
Jelaskan maksud Allah menciptakan manusia menurut gambar
dan rupa Allah
3) Sebutkan mandat Allah kepada manusia
4) Berikan contoh sikap setelah menerima kasih karunia
Allah
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2011
Guru Mata
Pelajaran,
Jaksen Bidule
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP : SMP Kristen Irene
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VII / I
StandarKompetensi : Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan,
memelihara, dan menyelamatkan manusia, serta seluruh ciptaan.
Kompetensi Dasar : Menceritakan tanda-tanda bahwa Allah terus
berkarya
Indikator :
-
Menceritakan karya Allah melalui pengalaman hidup manusia
dalam keajaiban alam
-
Menyebutkan bentuk-benruk peristiwa alam yang terjadi
saat ini
-
Menyebut contoh perbuatan siswa yang menghargai karya
Allah dalam kaitannya dengan alam
-
Menceritakan dengan singkat karya Allah melalui
kelahiran:
a.
samuel
(1 Samuel 1:1-28)
b.
b.
Yohanes Pembaptis (Lukas 1:5-25)
-
Menjelaskan peranan orang tua dalam menanggapi karya Allah
terhadap lahirnya seorang anak
-
Menjelaskan karya kuasa Tuhan atas penyakit
-
Menyebutkan sikap yang benar dalam menghadapi penyakit
-
Menyebutkan sikap yang benar setelah sembuh dari sakit
-
Menceritakan dengan singkat kuasa Tuhan atas kematian
-
Menyebutkan contoh yang benar dalam menghadapi kematian
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4X pertemuan)
I.
Tujuan Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :
- Menceritakan karya Allah
melalui pengalaman hidup manusia dalam keajaiban alam
- Menyebutkan
bentuk-bentuk peristiwa yang terjadi saat ini
- Menyebutkan contoh
perbuatan siswa yang menghargai karya Allah dalam kaitannya dengan alam
- Menceritakan karya Allah
melalui kelahiran Samuel dan Yohanes Pembaptis
- Menjelaskan peranan
orang tua dalam menanggapi karya Allah lewat kelahiran seorang anak
- Menjelaskan karya kuasa
Tuhan atas penyakit
- Menyebutkan sikap yang
benar setelah sembuh dari penyakit
- Menceritakan denga
singkat kuasa Tuhan atas kematian
- Menyebutkan contoh sikap
yang benar dalam menghadapi kematian
II.
Materi Pembelajaran
-
Tanda-tanda bahwa Allah terus berkarya
-
Allah mempunyai maksud dalam segala pengalaman hidup manusia
-
Contoh-contoh perbuatan yang menghargai karya Allah dalam
kaitannya dengan alam
-
Allah berkarya di setiap kehidupan manusia melalui kelahiran
-
Allah berkarya di setiap peristiwa kehidupan manusia melalui
penyakit
-
Allah berkarya di
setiap peristiwa kehidupan manusia melalui kematian
III.
Metode
Ceramah,
diskusi, penugasan
IV.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
a.
Pertemuan pertama
1.
Kegiatan
Pendahuluan
-
Doa dipimpin oleh peserta didik
-
Informasi materi
-
Pemberian motivasi
2.
Kegiatan Inti
-
Guru mengajak peserta
didik keluar kelas mengamati lingkungan alam
-
Tanya jawab tentang lingkugan alam yang di amati
-
Guru memberikan arahan dan penguatan di sekitar materi
3.
Kegiatan penutup
-
Penugasan (PR)
-
Berdoa oleh peserta didik
b.
Pertemuan kedua
1.
Kegiatan
pendahuluan
-
Doa oleh peserta didik
-
Tanya jawab yentang
tugas (PR)
-
Informasi materi
2.
Kegiatan Inti
-
Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok kecil
-
Mendiskusikan peristiwa
kelahiran tokoh Alkitab ( Samuel dan Yohanes Pembaptis )
-
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi
-
Guru mrnyimpulkan hasil
diskusi
3.
Kegiatan penutup
-
Penugasan (PR)
-
Berdoa oleh peserta didik
c.
Pertemuan ketiga
1.
Kegiatan
pendahuluan
-
Doa oleh peserta didik
-
Tanya jawab yentang tugas (PR)
-
Informasi tentang materi pelajaran
2.
Kegiatan Inti
-
Penjelasan kuasa Allah terhadap penyakit
-
Tanya jawab tentang peserta
didik saat sakit
3.
Kegiatan penutup
-
Penugasan (PR)
-
Berdoa oleh peserta didik
d. Pertemuan keempat
1.
Kegiatan
Pendahuluan
-
Doa dipimpin oleh
peserta didik
-
Informasi materi
-
Pemberian motivasi
2.
Kegiatan inti
-
Tanya jawab pengalaman
peserta didik di sekitar peristiwa kematian
-
Guru mengarahkan
peserta didik untuk mengambil kesimpulan tentang sikap yang benar dalam menghadapi
peristiwa kematian
3.
Kegiatan penutup
-
Doa oleh peserta
didik
V.
Sumber Belajar
Alkitab, buku ajar, peserta didik, lingkungan
VI.
Penilaian
a. Teknik : tes tulisan, penugasan
b. Bentuk instrument, uraian
c. Soal
1.
Ceritakan karya Allah melalui pengalaman hidup manusia dalam
keajaiban alam!
2.
Sebutkan bentuk-bentuk peristiwa alam lainnya yang
terjadi saat ini
3.
Sebutkan contoh perbuatan siswa yang menghargai karya
Allah dalam kaitannya dengan alam!
4.
Ceritakanlah karya Allah melalui kelahiran Samuel dan
Yohanes Pembaptis!
5.
Jelaskan peranan orang tua dalam menanggapi karya Allah
terhadap lahirnya seorang anak!
6.
Jelaskan karya kuasa Tuhan atas penyakit!
7.
Sebutkan sikap yang benar dalam menghadapi penyakit!
8.
Sebutkan sikap yang benar setelah sembuh dari penyakit!
9.
Ceritakan kuasa Tuhan atas kematian!
10.
Sebutkan contoh sikap yang benar dalam menghadapi
kematian!
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2011
Guru Mata
Pelajaran,
Jaksen Bidule
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP : SMP Kristen Irene
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VII / I
StandarKompetensi : Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan,
memelihara, dan menyelamatkan manusia, serta seluruh ciptaan.
Kompetensi Dasar : Mengakui bahwa pemeliharan Allah terhadap
manusia dan alam lebih kuat daripada kecenderungan manusia untuk merusaknya
Indikator :
-
Menjelaskan pentingnya alam dalam kehidupan manusia
-
Menjelaskan pentingnya keseimbang ekosistem bagi manusia
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 X40
menit)
I.
Tujuan Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
- Mampu menjelaskan
pentingnya alam dalam kehidupan
- Mampu menjelaskan
pentingnya keseimbangan ekosistem bagi manusia
II.
Materi Pembelajaran
-
Pentingnya alam dalam
kehidupan manusia
-
Allah menciptakan ekositem yang seimbang
a.
Contoh bukti
keseimbangan ekosistem yang diciptakan Allah
b.
Tanggung jawab
menjaga ekosistem
c.
Dampak
terjadinya ketidakseimbangan ekosistem
III.
Metode : Ceramah dan diskusi
IV.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan pertama
1.
Kegiatan
pendahuluan
-
Berdoa bersama dipimpin peserta didik
-
Menanyakan kepada
peserta didik apakah mereka pernah melihat atau mengalami banjir yang
menimbulkan banyak korban
-
Menyampaikan materi
yang dipelajari tentang pentingnya alam dalam kehidupan manusia
2.
Kegiatan inti
-
Guru memberikan
penjelasan mengenai pentingnya alam dalam kehidupan manusia
-
Peserta didik diminta
mendaftarkan apa saja fungsi alam bagi kehidupan manusia
-
Guru menjelaskan isi
kitab Kejadian 1:28-30, Yeremia 29
3.
Kegiatan penutup
-
Guru bertanya secara
lisan tentang materi yang telah disampaikan
-
Guru memberikan tugas
kepada peserta didik secara berkelompok membuat kliping dan memberikan
kesimpulan dan saran berdasarkan kliping mereka siapa yang paling berperan
dalam kerusakan lingkungan dan apa yang harus dilakukan untuk mencegah
kerusakan lingkungan
-
Doa penutup oleh
peserta didik
2.
Pertemuan kedua
1.
Kegiatan
pendahuluan
-
Berdoa bersama dipimpin
peserta didik
-
Memotivasi peserta
didik dengan menayakan materi minggu lalu kemudian mengumpulkan tugas yang sudah
diberikan
-
Menyampaikan materi
yang akan dipelajari mengenai Allah menciptakan ekosistem yang seimbang
2.
Kegiatan inti
-
Tanya jawab tentang
pengertian ekosistem
-
Guru memberikan
penjelasan mengenai pengertian ekosistem dan mempelajari keseimbangan ekosistem
dalam pelajaran agama kristen
-
Guru membagi peserta
didik dalam kelompok kemudian mengajak siswa merumuskan tindakan atau kegiatan
yang penting dalam menjaga dan mempertahankan ekosistem
3.
Kegiatan penutup
-
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi kelompok kemudian guru menyimpulkan hasil
diskusi kelompok
-
Doa penutup oleh
peserta didik
V.
Sumber Belajar
Alkitab, buku tes, buku lagu
VI.
Penilaian
a. Teknik : tes tulisan dan penugasan
b. Bentuk instrument : uraian
c. Soal
1.
Jelaskan apa
manfaat alam bgi kehidupan manusia!
2.
Mengapa
keseimbangan ekosistem penting bagi manusia?
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2011
Guru Mata
Pelajaran,
Jaksen Bidule
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SMP : SMP Kristen Irene
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VII / I
StandarKompetensi : Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan,
memelihara, dan menyelamatkan manusia, serta seluruh ciptaan.
Kompetensi Dasar : Mengakui bahwa pemeliharan Allah terhadap
manusia dan alam lebih kuat daripada kecenderungan manusia untuk merusaknya
Indikator :
-
Bersyukur untuk pemeliharaan Allahatas kehidupannya
melalui alam dan isinya manusia melakukan pengrusakan
-
Berperan serta dalam pemeliharaan alam sekitarnya dalam
kehidupan manusia
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 X40
menit)
I.
Tujuan Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
- Mampu bersyukur atas
pemeliharaan Allah atas kehidupannya melalui alam dan isinya walaupun manusia
melakukan pengrusakan
- Mampu berperan serta
dalam pemeliharaan alam sekitar dalam kehidupan manusia
II.
Materi
Pembelajaran
-
Mensyukuri pemeliharaan
Allah melalui pemeliharaan, pelestarian, pembaharuan
-
Program aksi reboisasi,
ekosistem sederhana, contoh : kolam ikan, ladang, tanaman sekolah
III.
Metode : Ceramah dan diskusi
IV.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan pertama
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Berdoa bersama dipimpin
peserta didik
-
Guru member motivasi
dan menjelaskan materi yang akan dipelajari
b.
Kegiatan inti
-
Memberikan penjelasan
tentang bersyukur untuk pemeliharaan Allah melalui alam semesta dan isinya
-
Memberikan
contoh-contoh bersyukur untuk pemeliharaan atas kehidupan manusia
-
Peserta didik membuat
kelompok kecil untuk membuat puisi dan doa sebagai wujud ucapan syukur atas
pemeliharaan Allah
c.
Kegiatan penutup
-
Guru bertanya secara
lisan pada peserta didik tentang materi yang disampaikan
-
Guru memberikan tugas
kepada peserta didik untuk membuat kelompling tentang pengrusakan lingkungan
hidup
-
Doa penutup oleh
peserta didik
2.
Pertemuan kedua
a.
Kegiatan pendahuluan
-
Berdoa bersama dipimpin
peserta didik
-
Menginformasikan materi
pelajaran yang dikaitkan dengan materi yang lalu
b.
Kegiatan inti
-
Guru menjelaskan peran
serta dalam pemeliharaan alam semesta dalam kehidupan manusia
-
Melakukan dialog dengan
mengungkapkan contoh-contoh peran merka dalam memelihara alam
-
Guru mengarahkan
penjelasan untuk menggali pengetahuan tentang materi yang dipelajari
c.
Kegiatan penutup
-
Guru member tugas untuk
membawa tanaman/bunga
-
Doa penutup dipimpin
oleh peserta didik
V.
Sumber Belajar
Alkitab,
buku tes, buku lagu
VI.
Penilaian
a.
a.Teknik : tes
tulisan dan penugasan
b.
b. Bentuk
instrument : uraian
c.
c. Soal
1.
Buatlah rencana
program reboisasi di sekolahmu!
2.
Buatlah slogan
yang meningkatkan pentingnya menjaga alam!
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2011
Guru Mata
Pelajaran,
Jaksen Bidule,S.Th
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SMP : SMP Kristen Irene
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VII / I
StandarKompetensi : Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan,
memelihara, dan menyelamatkan manusia, serta seluruh ciptaan.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan makna manusia sebagai mahkota
ciptaan Allah
Indikator : Mewujudkan tindakan sebagai manusia yang
segambar dan serupa dengan Allah dalam melaksanakan mandat untuk berkarya
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2 X40
menit)
I.
Tujuan Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
-
Mampu mewujudkan tindakan sebagai manusia yang segambar
dan serupa dengan Allah, dengan pemeliharaan ciptaan Allah secara bertanggung
jawab
-
Mampu mewujudkan tindakan sebagai manusia yang segambar
dan serupa dengan Allah yang beribadah
II.
2.Materi Pembelajaran
-
Pemeliharaan ciptaan Allah secara bertanggung jawab sebagai wujud
kesegambaran manusia dengan Allah
-
Ibadah sebagai wujud manusia sebagai gambar Allah yang
mempunyai hubungan istimewa dengan Allah
III.
3.Metode : Ceramah dan tanya jawab
IV.
4.Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan pendahuluan
-
Berdoa bersama dipimpin
peserta didik
-
Memotivasi peserta
didik dengan menayakan pelajaran minggu lalu
-
Menyampaikan materi
yang akan dipelajari
2.
Kegiatan inti
-
Siswa menuliskan
kegiatannya dalam gereja dalam waktu 1 minggu
-
Siswa mengungkapkan
kegiatannya dalam gereja dalam waktu 1 minggu
-
Siswa menuliskan
kegiatan sosialnya di dalam masyarakat
-
Siswa mengungkapkan
kegiatan sosialnya di dalam masyarakat
-
Bersama anak didik
membuat kesimpulan
3.
Kegiatan penutup
-
Guru memberi tugas
rumah
-
Berdoa bersama dipimpin
oleh peserta didik
-
Guru menutup kegiatan
pembelajaran
V.
Sumber Belajar
Alkitab, buku tes, siswa, lagu, gambar
VI.
Penilaian
a.
Teknik : tes
lisan
b.
b. Bentuk
instrument : uraian
c.
c. Soal
1.
Sebutkan contoh
pemeliharaan ciptaan Allah secara bertanggung jawab
2.
Sebutkan
bentuk-bentuk kegiatan ibadah di dalam gerja
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2011
Guru Mata
Pelajaran,
Jaksen Bidule
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SMP : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VIII / I
StandarKompetensi : Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan
hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi Dasar : Hidup
bersyukur dalam segala situasi
Indikator : Menjelaskan makna hidup bersyukur
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 X
pertemuan)
I.
Tujuan Pembelajaran
a. Menjelaskan arti bersyukur
b. Membedakan antara bersyukur kepada Allah dan terima
kasih kepada sesama
c. Mewujudkan bagian Alkitab yang menunjukkan alas an
bersyukur
d. Menyebutkan alas an bersyukur
II.
Materi Pembelajaran
a.
Arti bersyukur
yang Alkitabiah
b.
Perbedaan antara bersyukur dan
berterima kasih kepada manusia Bagian Alkitab yang menunjukan alasan bersyukur
c.
Alasan bersyukur
III.
Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, demonstrasi.
IV.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Pertemuan
pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
Berdoa dan
bernyanyi lagu kj 299(Bersyukur kepada Tuhan)
2.
Kegiatan inti
-
Membaca Lukas 17 : 11-19, Mazmur 138 dan 139; 1 tesalonika 5:18
- Menuliskan tentang arti
bersyukur berdasarkan bagian Alkitab di atas
- Siswa menyimpulkan arti
dan makna bersyukur
- Penjelasan guru
3.
Kegiatan Penutup
-
Guru member tugas untuk mewancarai pendeta atau majelis jemaat
di gereja masing-masing
b. b. Pertemuan
kedua
1.
Kegiatan pendahuluan
-
Menyanyi danberdoa
bersama yang dipimpin oleh peserta didik.
-
Menayakan materi minggu
lalu tentang arti bersyukur
-
Meminta siswa
mengumpulkan tugas hasil wawancara
2.
Kegiatan
Inti
-
Meminta pendapat siswa
tentang perbedaan bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada manusia
-
Siswa menuliskan atau
menyebutkan perbedaan bersyukur kepada Allah dengan berterima kasih kepada
manusia.
-
Penjelasan guru
3.
Kegiatan Penutup
Menyanyi KJ 450 (hidup
Kita Yang Benar)
c.
c. Pertemuan ketiga
1.
Kegiatan pendahuluan
-
Menyanyi lagu terima kasih
Tuhan
-
Berdoa
-
Menanyakan materi
minggu lalu
2.
Kegiatan Inti
-
Menunjuk beberapa siswa
untuk menceritakan pengalaman hidupnya tentang mengapa ia bersyukur
-
Membaca Mazmur 67:6-8;
Mazmur 138:1-8; Lukas 17:11-19
-
Kemudian siswa
mengidentifikasikan alasan bersyukur berdasarkan bagian Alkitab di atas
-
Siswa menyimpulkan
alasan-alasan bersyukur
-
Penjelasan guru
3.
Kegiatan
Penutup
-
Guru member tugas di
rumah dengan menyebutkan 5 alasan bersyukur
-
Berdoa bersama dipimpin
seorang siawa
V.
Sumber Belajar
Alkitab,
Buku Teks, Siswa, Teks lagu, Gambar
VI.
Penilaian
a.
Teknik: Tes
lisan da tulisan
b.
Bentuk
Instrumen: Uraian
c.
Soal:
1.
Jelaskan arti
bersyukur
2.
Jelaskan
perbedaan bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada manusia
3.
Sebutkan alasan
kita mengucap syukur kepada Allah
4.
Tuliskan bagian
Alkitab yang menunjukan hidup bersyukur
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2011
Guru Mata
Pelajaran,
Jaksen Bidule
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SMP : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VIII / I
StandarKompetensi : Hidup bersyukur dalam segala situasi serta
mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi Dasar : Hidup
bersyukur dalam segala situasi
Indikator : Menurunkan sikap bersyukur atas kuasa dan
kasih Allah dalam hidupnya dengan
menghargai waktu, talenta dan dirinya sendiri
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1X pertemuan)
I.
Tujuan Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
a.
Menunjukkan
sikap bersyukur kepada Allah
b.
Menunjukkan
sikap dan prilaku yang menghargai waktu dan talenta
c.
Mewujudkan sikap
hidup mengharhai sesama
II.
Materi Pembelajaran
a.
Wujud hidup
bersyukur atas kuasa dan kasih Allah
b.
Menghargai waktu, talenta dan
seama manusia
III.
Metode Pembelajaran : Diskusi
IV.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
-
Menyanyi dan berdoa
dipimpin oleh seorang siswa
-
Guru mengecek kehadiran
siswa
-
Menanyakan kepada siswa
tentang materi yang lalu
2.
Kegiatan inti
-
Guru membagi siswa dalam kelompok
-
Mengidentifikasi talenta yang dimiliki
oleh masing-masing siswa
-
Masing-masing siswa menulis kelebihan
dan lelemahan teman di sampingnya
-
Diskusi bagian Alkitab Lukas 17:11-19
tentang bersyukur
-
Diskusi bagian Alkitab Matius 25:14-30 tentang penggunaan
talenta
-
Siswa mempresentasikan hasil diskusi tiap-tiap
kelompok
-
Guru memberikan penjelasan tambahan
3.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberi tugas pada
siswa
-
Menyanyi BKB no. 211
dan KJ no. 450
-
Berdoa bersama di
pimpin seorang siswa
-
V.
Sumber Belajar
Alkitab, Cermin
Remaja (hidup yang berubah), bertumbuh dalam Kristus
VI.
Penilaian
a.
Tehnik: Tes
lisan da tulisan
b.
Bentuk
Instrumen: Uraian
c.
Soal:
1.
Jelaskan bagaiman
cara bersyukur kepada Allah
2.
Jelaskan apa
yang dimaksud dengan talenta
3.
Jelaskan
bagaiman cara bersyukur atas waktu, talenta yang Tuhan berikan
4.
Sebutkan salah
satu contoh cara bersyukur dalam Alkitab
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2011
Guru Mata
Pelajaran,
Jaksen Bidule
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SMP : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VIII / I
StandarKompetensi : Hidup bersyukur dalam segala situasi serta
mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi Dasar : Mewujudkan
hidup beriman dan berpengharapan
Indikator : Penjelasan arti beriman
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1X pertemuan)
I.
Tujuan
Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
a.
Menjelaskan arti
beriman
b.
Mengidentifikasi
prilaku yang menujukkan hidup beriman
II.
Materi
Pembelajaran
a.
Arti beriman
b.
Contoh-contoh tindakan manusia yang
mencerminkan hidup beriman
III.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, peragaan
IV.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
-
Menyanyi dan berdoa
dipimpin oleh seorang siswa
-
Menyampaikan materi
yang akan dipelajari
2.
Kegiatan
inti
-
Peserta didik menyebutkan ciri-ciri orang beriman
-
Guru menjelaskan arti dan contoh hidup beriman
-
Membuat dan mencata kesimpulan
3.
Kegiatan Penutup
-
Menyanyi dan berdoa
V.
Sumber Belajar
Alkitab,
Cermin Remaja V!!!, Hidup Baru VIII
VI.
Penilaian
a.
Tehnis Tes :
Uraian
b.
Soal:
1.
Jelaskan arti
iman menurut Alkitab
2.
Berikan contoh
tindakan hidup yang beriman
3.
Sebutkan
cirri-ciri orang beriman
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2011
Guru Mata
Pelajaran,
Jaksen Bidule
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SMP : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VIII / I
StandarKompetensi : Hidup bersyukur dalam segala situasi serta
mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi Dasar : Mewujudkan
hidup beriman dan berpengharapan
Indikator : Menjelaskan arti berpengharapan
Alokasi Waktu : 2x40 menit
(1X pertemuan)
I.
Tujuan
Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
a.
Menjelaskan apa
pengharapan dalam diri seorang pelajar
b.
Menunjukkan/mendemontrasikan
sikap hidup berpengharapan
II.
Materi
Pembelajaran
a.
Arti berpengharapan
b.
Menumbuhkan hidup yang
berpengharapan
c.
Sikap berpengharapan
III.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, diskusi
IV.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
-
Berdoa bersama
-
Absensi
-
Memotivasi peserta
didik
-
- Menyampaikan materi
2.
Kegiatan
inti
-
Guru menjelaskan arti dan makna hidup
yang berpengharapan didasarkan pada Kejadian 12:13
-
Memberikan contoh-contoh
berpengharapan
-
Membagi kelompok untuk mendiskusikan satu perikop dalam 1
raja-raja 17:7-24
3.
Kegiatan Penutup
-
Guru menyimpulkan
-
Guru memberi tugas
rumah
-
Menynyi` dan berdoa
V.
Sumber Belajar
Alkitab,
Cermin Remaja VIII, Hidup Baru VIII
VI.
Penilaian
a. Tehnik Tes : Penugasan dan Uraian
b. Soal:
1.
Apakah arti
pengharapan bagi orang beriman?
2.
Mengapa kita
harus berpengharapan?
3.
Bagaimanakah
sikap hidup yang berpengharapan kepada Allah selaku orang Kristen?
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2011
Guru Mata
Pelajaran,
Jaksen Bidule
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VIII / I
StandarKompetensi : Hidup bersyukur dalam segala situasi serta
mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi Dasar : Mewujudkan
hidup beriman dan berpengharapan
Indikator : Menjelaskan arti hidup beriman
Menjelaskan arti hidup berpengharapan
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2X pertemuan)
I.
Tujuan
Pembelajaran
a.
Menjelaskan hubungan
iman dan pengharapan
b.
Menyebutkan
tokoh-tokoh Alkitab yang beriman dan berpengharapan
II.
Materi Pembelajaran
a.
Hubungan iman
dan berpengharapan
b.
Tokoh-tokoh dalam Alkitab
c.
Contoh prilaku yang beriman dan berpengharapan
III.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, penugasan
IV.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a.
Pertemuan
pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
-
Berdoa dan menyanyi bersama
-
Menanyakan kepada
peserta didik tentang arti hidup beriman dan berpengharapan
2.
Kegiatan
inti
-
Membaca Alkitab dan menjawab pertanyaan
(LKS)
-
Siswa menyimpulkan hubungan antara beriman
dan berpengharapan
-
Penjelasan Materi
3.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberi tugas
rumah, membuat kliping
-
Menyanyi dan berdoa
b. a.Pertemuan kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
-
Berdoa dan menyanyi
bersama
-
Memerikasa PR
2.
Kegiatan inti
-
Siswa Membaca Alkitab Kejadian 13; 1
Raja-raja 17:7-24; Matius 21-28
-
Siswa menuliskan tokoh-tokoh dalam Alkitab yang hidup
beriman dan berpengharapan
-
Siswa memberikan pendapat tentang tokoh
perilaku hidup yang beriman dan berpengharapan
-
Penjelasan Materi
3.
Kegiatan Penutup
-
Mengadakan evaluasi
-
Menyanyi dan berdoa
V.
Sumber
Belajar
Alkitab,
Cermin Remaja VIII, Hidup Baru VIII, Kliping
VI.
Penilaian
a. Teknik Tes : tes lisan dan tertulis
b. Bentuk instrument : Uraian
c. Soal:
1.
Jelaskan
hubungan iman dan pengharapan
2.
Sebutkan
tokoh-tokoh Alkitab yang beriman dan berpengharapan
3.
Sebutkan contoh
perilaku hidup yang beriman dan berpengharapan
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,
Jaksen Bidule
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VIII / I
StandarKompetensi : Hidup bersyukur dalam segala situasi serta
mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi Dasar : Mewujudkan
hidup beriman dan berpengharapan
Indikator : Menjelaskan sikap berdoa yang abik
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 X
pertemuan)
I.
Tujuan
Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
-
Menjelaskan arti berdoa
-
Menjelaskan cara berdoa
yang benar
-
Menunjukkan sikap
berdoa
II.
Materi Pembelajaran
-
Arti doa
- Cara/sikap berdoa yang benar
III.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, demontrasi
IV.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan
-
Berdoa dan menyanyi
bersama
b.
Kegiatan inti
-
Guru menjelaskan arti berdoa
-
Membaca Alkitab dalam Matius
6:9-13
-
Siswa membahas hasil diskusi kelompok
-
Kesimpulan Materi
-
Guru memberikan tugas kepada siswa
untuk mencari ayat Alkitab yang berhubungan dengan doa
c.
Kegiatan penutup
-
Menyanyi dan berdoa oleh siswa
V.
Sumber
Belajar
Alkitab,
Cermin Remaja VIII, Hidup Baru
VI.
Penilaian
a.
Tehnik Tes : tes
lisan dan tertulis
b.
Bentuk
instrument : Uraian
c.
Soal:
1.
Jelaskan arti
doa
2.
Mengapa kita
harus berdoa setiap hari
3.
Bagaimana cara
berdoa yang benar bagi orang Kristen
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,
Jaksen Bidule
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VIII / I
StandarKompetensi : Hidup bersyukur dalam segala situasi serta
mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi Dasar : Mewujudkan
hidup beriman dan berpengharapan
Indikator : Mewujudkan sikap hidup beriman dan
berpengharapan seperti tidak mudah putus asa, kreatif dan optimis
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2X pertemuan)
I.
Tujuan
Pembelajaran
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan
dapat:
-
Menyebutkan beberapa
contoh sikap dan tindakan hidup dalam pengharapan yang ada dalam Alkitab
-
Menyebutkan dalam
beberapa pokok Alkitab yang hidupnya sikapnya disebut sebagai orang yang beiman
-
Siswa mampu menunjukkan
sikap hidup beriman dan berpengharapan
II.
Materi
Pembelajaran
-
Hubungan iman dan
berpengharapan
- Tokoh-tokoh dalam Alkitab
- Contoh prilaku yang
beriman dan berpengharapan
III.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, Demontrasi
IV.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a. Pertemuan pertama
Kegiatan
Pendahuluan
-
Berdoa dan menyanyi
bersama dipimpin siswa
-
Memotivasi peserta
didik lewat gambar orang beriman
Kegiatan inti
-
Peserta didik dapat mengungkapakan
sikap dan tindakan orang yang berpengalaman
-
Siswa memberikan perbedaan antara iman
dan pengharapan
-
Menjelaskan arti iman pada
Kejadian 12:1-13; 1 Raja-raja 17:7-24
Kegiatan
Penutup
-
Guru memberi tugas
rumah pada peserta didik untuk bertanya kepada pendeta dan majelis jemaat
tentang orang yang punya pengharapan kepada Yesus Kristus
-
Menutup kegiatan dengan
doa
b. Pertemuan kedua
Kegiatan
Pendahuluan
-
Berdoa dan menyanyi
bersama dipimpin siswa
-
Apersepsi dengan
menanyakan pelajaran minggu yang lalu
-
Meminta siswa untuk
menyimpulkan tugas hasil tanya jawab yang dilakukan
Kegiatan inti
-
Siswa dapat menyebutkan dalam tokoh Alkitab
yang hidupnya beriman
-
Siswa dapat mengungkapkan sikap dan tindakan
orang yang hidup dalam pengharapan
Kegiatan Penutup
-
Menyanyi sebuah lagu
sesuai materi
-
Doa dipimpin oleh siswa
V.
Sumber Belajar
Alkitab,
Cermin Remaja VIII, Hidup Baru VIII, Kliping
VI.
Penilaian
a.
Tehnik Tes :
lisan dan penugasan
b.
Bentuk
instrument : Uraian
c.
Soal:
1.
Sebutkan Bapa
segala orang beriman
2.
Sebutkan salah
satu tindakan orang beriman
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,
Jaksen Bidule
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : IX/I
Standar Kompetensi : Nilai-nilai
Kristiani
Bertanggung jawab terhadap diri
sendiri,sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukan dirinya sebagai orang
yang diselamatkan
Kompetensi Dasar : Memahami bentuk dan menunjukkan sikap
bertanggung jawab terhadap diri sendir dan masyarakat
Indikator : Menjelaskan arti bertanggung jawab
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (4X40 menit)
I.
Tujuan
Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
-
Mampu menjelaskan arti
tanggung jawab terhadap diri sendiri
-
Mampu menjelaskan arti
tanggung jawab terhadap sesama
-
Mampu menyebutkan cirri
khas manusia yang bertanggung jawab
-
Mampu mendemontrasikan
manusia yang bertangung jawab melalui sikap hidup setiap hari
II.
Materi
Pembelajaran
-
Arti tanggung jawab
terhadap diri sendiri dan sesama
-
Ciri khas manusia yang
bertanggung jawab
III.
Metode
Pembelajaran
diskusi
IV.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a.
Pertemuan
pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
-
Berdoa bersama dipimpin
oleh peserta didik
-
Tanya jawab tentang
arti tanggung jawab untuk mengetahui pemahaman siswa
-
Menyampaikan materi
yang disajikan
2.
Kegiatan inti
-
Guru menjelaskan tentang arti tanggung
jawab terhadap diri sendiri dan
sesama
-
Membaca Alkitab Matius 25:14-30, Gal.
5:19-23
-
Guru membagi kelompok dan siswa
mendiskusikan tentang arti tanggung jawab terhadap diri sendiri dan sesama
-
Kelompok memprensentasikan hasil
3.
Kegiatan Penutup
-
Menyimpulkan hasil
diskusi
a.
a.Pertemuan
kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
-
Berdoa bersama
-
Apersepsi dengan
menanyakan pelajaran minggu yang lalu
-
Meminta siswa bergabung
dengan kelompok masing-masing
2.
Kegiatan inti
-
Menugaskan siswa menemukan 5 kata yang menujukkan sikap yang bertanggung jawab dan 5 kata
yang tidak menunjukkan sikap bertanggung jawab melalui kuis
-
Melaporkan hasil kuis
-
Menambahkan penjelasan tentang ciri khas manusia yang bertanggung jawab di hubungkan dengan bahan
Alkitab
3.
Kegiatan Penutup
-
Menyimpulkan hasil
diskusi
-
Menyanyi KJ No. 357:1-4
yang ada hubungan dengan materi
-
Berdoa yang dipimpin
oleh siswa
V.
Sumber
Belajar
Alkitab,
Cermin Remaja IX, Hidup Baru IX
VI.
Penilaian
a.
Tehnik : tes lisan
dan penugasan
b.
Bentuk instrument
: Uraian
c.
Soal:
1.
Jelaskan arti
tanggung jawab terhadap diri sediri
2.
Berikan contoh
tanggung jawab terhadap sesame
3.
Sebutkan 5 kata
yang menunjukkan sikap yang bertanggung jawab dan yang tidaka bertanggung jawab
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,
Jaksen Bidule
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : IX/I
StandarKompetensi : Nilai-nilai
Kristiani
Bertanggung jawab terhadap diri
sendiri,sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukan dirinya sebagai orang
yang diselamatkan
Kompetensi Dasar : Memahami bentuk dan menunjukkan sikap
bertanggung jawab terhadap diri sendir dan masyarakat
Indikator : Mengidentifikasikan contoh cobaan lari dari
tanggung jawab
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2X40 menit)
I.
Tujuan
Pembelajaran
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan
dapat:
a. memberikan contoh cobaab lari dari tanggung jawab
dalam Alkitab
b. Menunjukan contoh cobaan lari dari tanggung jawab
dalam masyarakat
II.
Materi
Pembelajaran
Ketidaktahuan tujuan sesuatu hal membuat manusia lari
dari tanggung jawab
III.
Metode
Pembelajaran
Diskusi
IV.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
-
Berdoa bersama dipimpin
oleh peserta didik
-
Memotivasi siswa
-
Menyampaikan materi
yang disampaikan
2.
Kegiatan
inti
-
Siswa membaca Alitab Yunus pasal 1&4, Mat. 25:24-25, Roma 5:3-4
-
Guru membagi kelompok, sis wa mendiskusikan contoh-contoh
cobaan lari dari tanggung jawab menurut Alkitab
-
Kelompok mempresentasikan hasil
3.
Kegiatan Penutup
-
Menyimpulkan hasil dan refleksi
-
Penugasan
-
Siswa menyanyi KJ no. 277 dan berdoa bersama
V.
Sumber
Belajar
Alkitab,
Cermin Remaka IX, Hidup Baru IX, media
VI.
Penilaian
a. Teknik tes : Uraian
b. Soal:
1.
Sebutkan contoh
cobaan lari dari tanggung jawab di dasarkan pada Alkitab? (Yunus 1&4, Mat.
25:24-25, Roma 5:3-4)
2.
Sebutkan contoh
cobaaan lari dari tanggung jawab yang terjadi dalam kehidupan masyarakat
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,
Jaksen Bidule,S,Pd
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : IX/I
Standar Kompetensi : Nilai-nilai
Kristiani
Bertanggung jawab terhadap diri
sendiri,sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukan dirinya sebagai orang
yang diselamatkan
Kompetensi Dasar : Memahami bentuk dan menunjukkan sikap
bertanggung jawab terhadap diri sendir dan masyarakat
Indikator : Mewujudkan sikap bertanggung jawab terhadap
diri sendiri, sesama dan mayarakat
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (4X40 menit)
I.
Tujuan
Pembelajaran
Selesainya pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
a. Memberikan contoh wujud sikap bertanggung jawab
terhadap diri sendiri, sesama dan masyarakat
b. Menjelaskan manfaat tanggung jawab dalam kehidupan
sehari-hari
c. Meberikan contoh penggunaan uang dan waktu yang
baik
d. Menyebutkan akibat-akibat penggunaan narkoba
terhadap manusia
II.
Materi
Pembelajaran
a. Pemahaman bahwa tanggung jawab sangat bermanfaat
dalam kehidupan
b. Menggunakan uang dan waktu
dengan baik
c. Narkoba
III.
Metode
Pembelajaran
Diskusi, Penugasan
IV.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a.
Pertemuan
pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
-
Menyanyi dan berdoa
bersama
-
Memotivasi siswa
2.
Kegiatan
inti
-
Guru memberikan motivasi tentang sikap
bertanggung jawab terhadap diri sendiri, seama, dan masyarakat
-
Membaca Alkitab Efesus 3:18-19,
Filipi 3:13-14
-
Guru membagi kelompok dan siswa
mendiskusikan tentang wujud sikap bertanggung jawab terhadap diri sendiri,
seama dan masyarakat beserta contoh-contohnya
-
Manfaat tanggung jawab dalam kehidupan
sehari-hari
-
Prosentase hasildiskusi/kesimpulan
3.
Kegiatan Penutup
-
Menyimpulkan hasil
diskusi
-
Pemberian tugas
-
Doa penutup
b. a.Pertemuan kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
-
Menyanyi dan berdoa
bersama
-
Apersepsi
2.
Kegiatan inti
-
Guru memotivasi siswa sambil menujukkan gambar tentang
narkoba
-
Guru membagi kelompok pada siswa dan mendiskusikan
tentang:
·
Penggunaan uang dan waktu dengan baik beserta contohnya
·
Akibat-akibat penggunaan narkoba terhadap manusia
·
Presentasi
3.
Kegiatan Penutup
-
Kesimpulan hasil diskusi
-
Pemberian tugas
-
Doa penutup
V.
Sumber
Belajar
Alkitab,
Cermin Remaja IX, Hidup Baru IX, gambar-gambar narkoba
VI.
Penilaian
a.
Tes uraian
b.
Soal:
1.
Sebutkan
sikap-sikap yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesame dan manusia
2.
Sebutkan manfaat
tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
3.
Berikan contoh
cara penggunaan uang dan waktu yang baik
4.
Sebutkan
akibat-akibat penggunaan narkoba terhadap manusia
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran,
Jaksen Bidul,S.Th
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : IX/I
StandarKompetensi : Nilai-nilai
Kristiani
Bertanggung jawab terhadap diri
sendiri,sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukan dirinya sebagai orang yang
diselamatkan
Kompetensi Dasar : Memahami bentuk dan menunjukkan sikap
bertanggung jawab terhadap diri sendir dan masyarakat
Indikator : Mengidentifikasikan contoh cobaan lari dari
tanggung jawab
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2X40 menit)
I.
Tujuan
Pembelajaran
Selesainya pembelajaran ini peserta didik diharapkan
dapat:
a.
memberikan
contoh cobaab lari dari tanggung jawab dalam Alkitab
b.
Menunjukan
contoh cobaan lari dari tanggung jawab dalam masyarakat
II.
Materi
Pembelajaran
Ketidaktahuan tujuan sesuatu hal membuat
manusia lari dari tanggung jawab
III.
Metode
Pembelajaran
Diskusi
IV.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
-
Berdoa bersama dipimpin
oleh peserta didik
-
Memotivasi siswa
-
Menyampaikan materi
yang disampaikan
Kegiatan inti
-
Siswa membaca Alitab Yunus pasal 1&4, Mat. 25:24-25,
Roma 5:3-4
-
Guru membagi kelompok, sis wa mendiskusikan
contoh-contoh cobaan lari dari tanggung jawab menurut Alkitab
-
Kelompok mempresentasikan hasil
Kegiatan Penutup
-
Menyimpulkan hasil dan
refleksi
-
Penugasan
-
Siswa menyanyi KJ no.
277 dan berdoa bersama
V.
Sumber
Belajar
Alkitab,
Cermin Remaja IX, Hidup Baru IX, media
VI.
Penilaian
a.
Tehnik tes :
Uraian
b.
Soal:
1.
Sebutkan contoh
cobaan lari dari tanggung jawab di dasarkan pada Alkitab? (Yunus 1&4, Mat.
25:24-25, Roma 5:3-4)
2.
Sebutkan contoh
cobaaan lari dari tanggung jawab yang terjadi dalam kehidupan masyarakat
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran,
Jaksen Bidule,S.Pd
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SMP : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : IX/I
Standar Kompetensi : Nilai-nilai
Kristiani
Bertanggung jawab terhadap diri
sendiri,sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukan dirinya sebagai orang
yang diselamatkan
Kompetensi Dasar : Memahami bentuk dan menunjukkan sikap
bertanggung jawab terhadap diri sendir dan masyarakat
Indikator : Melaksanakan misinya sebagai orang-orang yang
sudah ditebus Allah dalam kehidupan masyarakat
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2X40 menit)
I.
Tujuan
Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
-
Mampu melakasanakan
misinya sebagai orang yang sudah ditebus Allah dalam kehidupan masyarakat
-
Mampu mendemontrasikan
tanggung jawab sebagai orang yang sudah ditebus Allah
II.
Materi
Pembelajaran
-
Tubuh manusia sebagai tempat Allah
yang memberi kemampuan untuk menyadari tanggung jawab
III.
Metode
Pembelajaran
Diskusi, ceramah
IV.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
-
Berdoa bersama
-
Memotivasi peserta
didik
-
Menyampaikan materi
2.
Kegiatan inti
-
Guru Menjelaskan tentang misi
sebagai orang yang sudah di tebus Allah, terhadap diri sendiri, sesama dan
masyarakat
-
Menjelaskan berdasarkan ayat-ayat Alkitab Markus
12:43-44, Matius 5:48
-
Guru membagi kelompok kecil untuk
mendiskusikan tanggung jawab dari orang yang sudah ditebus Allah
3.
Kegiatan Penutup
-
Guru menyimpulkan
-
Menyanyi dan berdoa
V.
Sumber
Belajar
Alkitab,
Cermin Remaja IX, Hidup Baru IX
VI.
Penilaian
a.
Teknik tes :
penugasan
b.
b.Bentuk
intrumen : uraian
c.
c.Soal:
1.
Sebutkan misi
dari orang-orang yang sudah ditebus Allah
2.
Sebutkan sikap hidup
yang telah ditebus Allah
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran,
Jaksen Bidule
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : IX/I
StandarKompetensi : Nilai-nilai
Kristiani
Bertanggung jawab terhadap diri
sendiri,sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukan dirinya sebagai orang
yang diselamatkan
Kompetensi Dasar : Memahami bentuk dan menunjukkan sikap
bertanggung jawab terhadap diri sendir dan masyarakat
Indikator : Menjelaskan alasan remaja berperan serta dalam
kehidupan masyarakat
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (4X40 menit)
I.
Tujuan
Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
a.
Mampu
menjelaskan alasan remaja berperan dalam masyarakat
b.
Mampu
mengidentifikasi peran remajadalam masyarakat
II.
Materi
Pembelajaran
a.
Menyadari bahwa
manusia adalah mahkluk sosial dalam hidup bersama
b.
Sikap pada
masyarakat majemuk dalam kehidupan yang bertoleransi
III.
Metode
Pembelajaran
Diskusi, penugasan
IV.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
-
Berdoa bersama yang
dipimpin oleh peserta didik
-
Memotivasi peserta
didik dengan menyadari bahwa manusia adalah mahkluk social
Kegiatan
inti
-
Menyampaikan materi yang akan
disampaikan pada peserta didik
-
Peserta didik membuat kelompok kecil
untuk mendiskusikan tentang alasan remaja berperan serta dalam masyarakat
Kegiatan Penutup
-
Guru bertanya secara
lisan tentang materi yang telah disampaikan
-
Guru memberikan tugas
kepeda didik untuk mendiskusikan kembali tentang peran remaja dalam masyarakat
-
Doa penutup yang
dipimpin oleh peserta didik
V.
Sumber
Belajar
Alkitab,
Cermin Remaja IX, Hidup Baru IX
VI.
Penilaian
a.
Teknik tes :
penugasan
b.
Bentuk intrumen
: uraian
c.
Soal:
1.
Jelaskan inti
peran remaja dalam masyakat
2.
Berikan contoh
peran remaja dalam masyarakat
3.
Bagaimana ciri-ciri
peran remaja dalam masyarakat
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran,
Jaksen Bidule
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : IX/I
StandarKompetensi : Nilai-nilai
Kristiani
Bertanggung jawab terhadap diri
sendiri,sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukan dirinya sebagai orang
yang diselamatkan
Kompetensi Dasar : Memahami bentuk dan menunjukkan sikap
bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan masyarakat
Indikator : Mengidentifikasi peran serta remaja dalam
masyarakat
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2X40 menit)
I.
Tujuan
Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
a.
Memahami peran
sertanya dalam masyarakat
b.
Menunjukkan
contoh sikap bertanggung jawab dalam masyarakat
c.
Menunjukkan
sikap positif yang proaktif dalam perannya di masyarakat
II.
Materi
Pembelajaran
Peran remaja dalam masyarakat
III.
Metode
Pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab
IV.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
-
Berdoa bersama yang
dipimpin oleh peserta didik
Kegiatan inti
-
Guru menyampaikan uraian materi pelajaran
kemudian bimbinglah peserta didik untuk membaca dan merenungkan 1 Timotius 1:18
(baca juga ayat sebelum dan sesudahnya)
-
Guru meminta peserta didik untuk
menuliskan pengalaman mereka bersama teman-temannya mengenai kegiatan bersama
yang dilakukan di luar sekolah (Mis. Bakti sosial, kegiatan olah raga kesenian,
dsb)
-
Guru memotivasi siswa tentang manfaat
apa yang dipetik dari kegiatan bersama itu.
Kegiatan Penutup
-
Guru bertanya secara
lisan pada peserta didiktentang materi yang telah disampaikan
-
Guru menambahkan
penjelasan apabila dianggap perlu
-
Menyanyikan sebuah lagu
pujian yang berhubungan dengan materi
-
Bedoa bersama yang
dipimpin oleh siswa atau guru
V.
Sumber
Belajar
Alkitab,
Cermin Remaja IX, Hidup Baru IX
VI.
Penilaian
a.
Teknis : Tes
tulis dan penugasan
b.
Bentuk intrumen
: uraian
c.
Soal:
1.
Mengapa kita
harus berperan serta dalam kehidupan masyarakat
2.
Apa peran yang
kamu lakukan sebagai remaja Kristen dalam masyarakat
3.
Menurut kamu,
apa yang dimaksud dengan memperjuangkan yang baik dalam 1 Timotius 1 : 18 ?
4.
Sebutkan alasan
remaja kristen berperan dalam masyarakat
5.
Sebutkan 3 hal
yang menunjukkan bukti keterlibatan kamu dan masyarakat
Mengetahui :
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Manado, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran,
Jaksen Bidule,S.Th
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : IX / II
Standar Kompetensi : Nilai-nilai Kristiani
Bertanggung jawab
terhadap diri sendiri, sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukkan dirinya
sebagai orang yang sudah diselamatkan
Indikator : Menjelaskan hakikat gereja
Menjelaskan panggilan
gereja dalam masyarakat
Alokasi Waktu : 4
jam pelajaran (2 x pertemuan)
4 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu untuk:
a. Menjelaskan pengertian tentang gereja
b. Menjelaskan awal terbentuknya gereja
c. Menjelaskan tugas panggilan gereja
d. Menentukan sifat-sifat gereja
2. Materi
Pelajaran
- Arti gereja
- Awal terbentuknya gereja
- Tugas panggilan gereja
- Sifat-sifat gereja
3. Metoda
Pembelajaran : ceramah, diskusi
4. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
A. Pertemuan Pertama
1) Kegiatan
Pendahuluan
a. Menyanyi
sebuah lagu pujian yang berhubungan dengan materi
b. Berdoa
bersama yang dipimpin oleh peserta didik
c. Menyanyi
bersama, dengan lagu yang sesuai dengan materi pelajaran
2) Kegiatan Inti
- Menjelaskan
arti gereja
- Menjelaskan
awal terbentuknya gereja
- Menjelaskan
tugas panggilan gereja
- Menentukan
sifat-sifat gereja
3) Kegiatan Penutup
- Guru
memberi tugas rumah tentang program kepedulian gereja kepada masyarakat
- Menyanyi
bersama
- Berdoa
bersama
B. Pertemuan Kedua
1) Kegiatan
Pendahuluan
a. Berdoa
bersama yang dipimpin oleh peserta didik
b. Memberi
apersepsi
c. Meminta
peserta didik untuk mengumpulkan tugas
2) Kegiatan Inti
- Peserta
didik dibagi dalam beberapa kelompok untuk membuat peragaan yang mencerminkan
sifat-sifat gereja
- Mengadakan
tanya jawab dengan peserta untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan siswa
tentang kompetensi
- Guru
menambahkan penjelasan apabila dianggap masih perlu
3) Kegiatan Penutup
- Guru
memberi pertanyaan secara lisan untuk mengetahui apakah kompetensi telah
tercapai atau belum
- Menyanyi
sebuah lagu pujian yang berhubungan dengan materi
- Berdoa
bersama yang dipimpin oleh peserta didik
5. Sumber Belajar
- Alkitab, Cermin
Remaja, Hidup Baru, Teks Lagu
6. Penilaian
a. Teknik tes lisan,
penugasan
b. Bentuk instrumen:
uraian
c. Soal :
1. Jelaskan arti
gereja
2. Jelaskan awal
terbentuknya gereja
3. Jelaskan tugas
panggilan gereja
4. Bagaimana
sifat-sifat gereja
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Lindawati Sambas,S.Pd Jaksen Bidule,S.Th
.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : IX / II
Standar Kompetensi : Nilai-nilai Kristiani
Bertanggung jawab
terhadap diri sendiri, sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukkan dirinya
sebagai orang yang sudah diselamatkan
Kompetensi Dasar : Membangun
sikap kritis terhadap perannya sebagai anggota gereja dalam masyarakat untuk
mewujudkan diri sebagai orang yang sudah diselamatkan
Indikator : - Mewujudkan
3 tugas panggilan gereja
- Merancang program kepedulian gereja pada
masyarakat
Alokasi Waktu : 4
jam pelajaran (2 x pertemuan)
1. Tujuan
Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu untuk:
a. Menjelaskan tiga tugas gereja
b. Membuat program kepedulian gereja pada
masyarakat
2. Materi
Pelajaran
- 3 tugas panggilan gereja
- Program kepedulian gereja
3. Metoda
Pembelajaran : ceramah, diskusi
4. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
A. Pertemuan Pertama
1) Kegiatan
Pendahuluan / Awal
- Berdoa bersama dipimpin oleh peserta didik
- Menyanyi
bersama dengan lagu yang sesuai dengan materi pembelajaran
- Memotivasi
peserta didik dengan menunjukkan gambar seorang anak yang bertanggung jawab
terhadap diri sendiri, sesama gereja dan masyarakat
- Menanyakan
kepada peserta didik tentang arti tanggung jawab
2) Kegiatan Inti
- Menyebut
3 tugas panggilan gereja
- Menjelaskan
tiga tugas panggilan gereja
- Membuat
contoh 3 tugas panggilan gereja
3) Kegiatan Penutup
- Guru
memberi tugas untuk mewawancarai Pendeta atau majelis jemaat di gereja
masing-masing sejauh mana tiga tugas gereja ini dilakukan
- Menyanyi bersama sebagai ungkapan syukur kepada ALlah
- Berdoa
B. Pertemuan Kedua
1) Kegiatan
Pendahuluan
a. Berdoa
bersama yang dipimpin oleh peserta didik
b. Memberi
apersepsi
c. Mengumpulkan
tugas hasil wawancara
2) Kegiatan Inti
- Peserta
didik dibagi dalam beberapa kelompok untuk menyusun program kepedulian gereja
pada masyarakat
- Mengadakan
tanya jawab dengan peserta untuk menggali pengetahuannya tentang materi
- Guru
menambahkan penjelasan apabila dianggap masih perlu
3) Kegiatan Penutup
- Guru
memberi pertanyaan secara lisan untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian
kompetansi / materi pelajaran
- Menyanyi
sebuah lagu pujian
- Berdoa
5. Sumber Belajar
- Alkitab, Cermin
Remaja IX, Hidup Baru IX
6. Penilaian
a. Teknik : Tes lisan,
penugasan
b. Bentuk instrumen:
uraian
c. Soal :
1. Sebutkan tiga
tugas panggilan gereja
2. Jelaskan tiga
tugas panggilan gereja
3. Buatlah bagan
tentang program kepedulian gereja pada masyarakat
4. Bagaimana
sifat-sifat gereja
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Lindawati Sambas,S.Pd Jaksen Bidule,S.Th
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP Kristen Irerne Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : IX / II
Standar Kompetensi : Nilai-nilai Kristiani
Bertanggung jawab
terhadap diri sendiri, sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukkan dirinya
sebagai orang yang sudah diselamatkan
Kompetensi Dasar : Membangun
sikap kritis terhadap perannya sebagai anggota gereja dalam masyarakat untuk
mewujudkan diri sebagai orang yang sudah diselamatkan
Indikator : - Mewujudkan
tanggung jawab dalam kehidupan bergereja dalam masyarakat melalui peran serta
di lingkungan masing-masing
- Bersikap kritis terhadap perkembangan
gereja di sekitarnya
- Mewujudkan fugnsi tugas gereja di tengah
masyarakat
Alokasi Waktu : 4
x 40 menit (2 x pertemuan)
1. Tujuan
Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu untuk:
a. Menunjukkan sikap yang bertanggung jawab
selaku orang percaya di lingkungan masyarakat
b. Bersikap kritis terhadap perkembangan gereja
c. Melakukan fungsi tugas gereja di masyarakat
2. Materi
Pelajaran
- Siswa mendata perkembangan gereja
- Melaporkan hasil kerja kelompok
3. Metoda
Pembelajaran : ceramah, diskusi
4. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
A. Pertemuan Pertama
1) Kegiatan
Pendahuluan / Awal
- Menyanyi
dan berdoa
- Pemeriksaan
buku catatan recording
- Memberikan
motivasi
2) Kegiatan Inti
- Guru
menjelaskan materi tentang program gereja yang dapat dilakukan siswa
- Siswa
melakukan tugas menyusun program kegiatan di masyarakat
- Siswa
membacakan program yang telah disusun
3) Kegiatan Penutup
- Menyanyi
berdoa mengakhiri KBM
B. Pertemuan Kedua
1) Kegiatan
Pendahuluan
- Menyanyi
dan berdoa
- Memberi
apersepsi
2) Kegiatan Inti
- Guru
menjelaskan materi tanggung jawab gereja dalam masyarakat
- Siswa
melaksanakan diskusi kelompok
- Siswa
melaporkan hasil kerja kelompok
3) Kegiatan Penutup
- Guru
mengumpulkan hasil kerja kelompok siswa
- Menyanyi
dan berdoa
5. Sumber Belajar
- Alkitab, Cermin
Remaja IX, Hidup Baru IX
6. Penilaian
a. Teknik : penugasan
b. Bentuk instrumen:
laporan
c. Soal :
1. Buatlah laporan
hasil kunjungan anda dalam kegiatan kunjungan orang sakit
2. Sesudah laporan
hasil pengamatan tentang perkembangan gereja
3. Sebutkan tugas
anda sebagai gereja di tengah masyarakat.
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Lindawati Sambas,S.Pd Jaksen Bidule,S.Th
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : IX / II
Standar Kompetensi : Nilai-nilai Kristiani
Bertanggung jawab
terhadap diri sendiri, sesama, gereja dan masyarakat untuk menunjukkan dirinya
sebagai orang yang sudah diselamatkan
Indikator : Menjelaskan perkembangan gereja dan
keunggulan gereja
Alokasi Waktu : 4
jam pelajaran (2 x 40 menit)
I. Tujuan
Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu untuk:
a. Menjelaskan sejarah terbentuknya gereja
b. Menjelaskan mengapa gereja meluas ke luar
Palestina
c. Menyebutkan kelemahan-kelemahan gereja
d. Menyebutkan keunggulan-keunggulan gereja
dalam kehidupan jemaat
II. Materi
Pelajaran
- Perkembangan gereja, kelemahan dan
keunggulannya
III. Metoda :
diskusi
IV. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
a. Pertemuan Pertama
1) Kegiatan
Pendahuluan
- Menyanyi
dan berdoa dipimpin oleh peserta didik
- Memotivasi
peserta didik dengan menunjukkan gambar gereja dan kegiatannya
2) Kegiatan Inti
- Guru
memberikan penjelasan tentang perkembangan gereja, kelemahan dan keunggulannya
- Menjelaskan
isi dari Alkitab Efesus 2:9; 9:19-22
- Peserta
didik mendiskusikan gereja sebagai anggota keluarga Allah
3) Kegiatan Penutup
- Guru
bertanya secara lisan kepada peserta didik tentang materi yang telah
disampaikan
- Guru
memberikan tugas kepada peserta didik
b. Pertemuan Kedua
1) Kegiatan
Pendahuluan
- Menyanyi
dan berdoa
- Memberi
apersepsi
2) Kegiatan Inti
- Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi masing-masing
- Mengadakan
tanya jawab peserta didik untuk menggali pengetahuannya tentang materi
- Guru
menambahkan penjelasan apabila dianggap masih perlu
3) Kegiatan Penutup
- Guru
memberi pertanyaan secara lisan untuk mengetahui apakah kompetensi telah
dicapai atau belum
- Menyanyi
dan berdoa
5. Sumber Belajar
- Alkitab, Cermin
Remaja 3, Hidup Baru 3
6. Penilaian : a. Teknis
Tes : Penugasan peserta didik mencari informasi tentang perkembangan gereja,
kelemahan dan keunggulannya di jemaat masing-masing
b. Bentuk
instrumen : uraian
Soal :
1. Dimanakah
gereja mula-mula dibentuk
2. Bagaimana
perkembangan gereja sampai saat ini
3. Berikan contoh
tentang perkembangan gereja
4. Apa keunggulan
gereja dalam hidup masyarakat.
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Lindawati Sambas,S.Pd Jaksen Bidule,S.Th
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VII / II
Standar Kompetensi : Menjelaskan
karya Allah dalam menciptakan, memelihara dan menyelamatkan manusia serta
seluruh ciptaan
Kompetensi Dasar : Menjelaskan
hanya Allah yang dapat mengampuni dan menyelamatkan manusia
Indikator : - Menjelaskan
Kerajaan Allah berisi berita pengampunan keselamatan dan hidup dan kekal
- Menjelaskan karya penyelamatan Allah
melalui Yesus Kristus
- Menjelaskan arti baptisan
- Menjelaskan perbedaan Allah dan manusia
dalam menolong seseorang menolong keluar dari bahaya
- Menanggapi penyelamatan Allah dalam
kehidupannya melalui tindakan ucapan syukur dan ibadah
Alokasi Waktu : 10
jam pelajaran
I. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu :
- Menjelaskan Injil Kerajaan Allah berisi
berita pengampunan keselamatan dan hidup yang kekal
- Menjelaskan karya penyelamatan Allah
melalui Yesus Kristus
- Menjelaskan perbedaan Allah dan manusia
dalam menolong seseorang dalam bahaya
- Menanggapi penyelamatan Allah dalam
kehidupannya melalui tindakan, ucapan syukur dan ibadah
II. Materi
Pelajaran
- Injil Kerajaan Allah adalah berita sukacita
mengenai Kerajaan Allah
- Karya Penyelamatan Allah melalui Yesus
Kristus
- Arti baptisan
- Allah menyelamatkan manusia dari dosa dan
memberikan kesejahteraan bagi manusia
- Semua orang mengalami kasih setia Tuhan
hendaknya mengucap syukur dalam sepanjang hidupnya
III. Metoda :
ceramah, diskusi, penelaan Alkitab
IV. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
a. Pertemuan Pertama
1) Pendahuluan
- Menyanyi
dan berdoa
- Menginformasikan
materi pelajaran
- Memberikan
motivasi
2) Kegiatan Inti
- Menelaah
bagian Alkitab (Lukas 15:11-32; Yohanes 3:16,36;
Yohanes 8:1-11)
- Tanya
jawab sekitar materi
- Guru
menyimpulkan
3) Penutup
- Penugasan
- Menyanyi
berdoa
B. Pertemuan Kedua
1) Pendahuluan
- Menyanyi
dan berdoa
- Tanya
jawab tentang tugas
- Informasi
tentang materi
- Motivasi
2) Kegiatan Inti
- Mengkaji
bahwa karya penyelamatan Allah terhadap manusia hanya ada di dalam Yesus
Kristus
- Menyimpulkan
hasil kajian materi
3) Penutup
- Penugasan
- Menyanyi
dan berdoa
C. Pertemuan Ketiga
1) Pendahuluan
- Menyanyi
dan berdoa
- Tanya
jawab tentang tugas
- Informasi
tentang materi
- Motivasi
2) Kegiatan Inti
- Menjelaskan
tentang baptisan
- Tanya
jawab tentang baptisan
- Guru
menyimpulkan
3) Penutup
- Penugasan
- Menyanyi
dan berdoa
D. Pertemuan Keempat
1) Pendahuluan
- Menyanyi
dan berdoa
- Tanya
jawab tentang tugas
- Informasi tentang materi
- Motivasi
2) Kegiatan Inti
- Mendiskusikan
pertolongan Allah dan pertolongan dari sesama manusia
- Menyimpulkan
hasil diskusi
3) Penutup
- Penugasan
- Menyanyi
dan berdoa
E. Pertemuan Kelima
1) Pendahuluan
- Menyanyi
dan berdoa
- Tanya
jawab tentang tugas
- Informasi
tentang materi
- Motivasi
2) Kegiatan Inti
- Menelaah
Alkitab (Mazmur 103, Roma 6:17-19,12; I Korintus 15:56-58; I Tesalonika 5:16-17
- Menyimpulkan
hasil diskusi
3) Penutup
- Menyanyi
dan berdoa
V. Sumber Belajar
Alkitab, Kamus Alkitab, Pokok-pokok Iman Kristen, Dokmatika
masa kini buku paket
VI. Penilaian
a. Teknik : Tes Lisan
b. Bentuk instrumen:
uraian
c. Soal :
1. Jelaskan
tentang Injil Kerajaan Allah yang berisi tentang berita pengampunan keselamatan
dan hidup yang kekal, menurut Lukas 5:11-32, Yohanes 3:16; Yohanes 8:1-11
2. Apa arti hidup
kekal
3. Jelaskan karya
penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus
4. Sebutkan
perbedaan pertolongan Allah dan pertolongan manusia
5. Apa arti
Sakramen Kudus
6. Apa arti
Baptisan Kudus
7. Menurut Lukas
12:13-21 dan Lukas 21:1-4, siapakah menurutmu yang mengucap syukur
sungguh-sungguh
8. Bagaimana
mengucap syukur dengan baik.
9. Bagaimanakah
ibadah yang sejati.
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Lindawati Sambas,S.Pd Jaksen Bidule,S.Th
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VIII / Genap
Standar Kompetensi : Nilai-nilai Kristiani
Hidup bersyukur dalam
segala hal serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi
Dasar : Mewujudkan kesetiaan imannya walaupun menderita
Indikator : Menjelaskan :
1. Penderitaan Kristus dan maknanya bagi orang
percaya
2. Makna Salib sebagai kemuliaan bagi Allah
Alokasi Waktu : 4
x 40 menit (2 x pertemuan)
I. Tujuan
Pembelajaran
Selesainya
pembelajaran peserta didik diharapkan dapat :
a. Menjelaskan penderita Kristus dan maknanya
bagi orang percaya
b. Menyebutkan arti Salib
II. Materi
Pelajaran
a. Penderitaan Kristus sebagai korban pengganti
bagi manusia berdosa
b. Salin sebagai peristiwa yang hina
c. Salib sebagai kemuliaan
III. Metoda :
diskusi
IV. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
a. Pertemuan Pertama
1) Kegiatan
Pendahuluan
- Berdoa
bersama dipimpin oleh siswa
- Tanya
jawab tentang penderitaan dalam hidup manusia
- Menyimpulkan
materi yang akan disajikan
2) Kegiatan Inti
- Guru
menjelaskan tentang penderitaan Kristus dan maknanya bagi orang percaya
- Membaca
Alkitab : Yesaya 53:5-12
- Guru
membagi kelompok dan siswa mendiskusikan tentang penderitaan Kristus dan
maknanya bagi orang percaya
- Kelompok
mempresentasikan hasil diskusi
3) Kegiatan Penutup
- Menyimpulkan
hasil diskusi
Penugasan : mengumpulkan gambar tentang
Salib/Penyaliban Yesus
b. Pertemuan Kedua
1) Kegiatan
Pendahuluan
- Berdoa
bersama
- Apersepsi
guru menanyakan pelajaran minggu lalu
- Meminta
siswa bergabung dengan kelompok masing-masing
2) Kegiatan Inti
- Menugaskan
siswa membaca dalam Alkitab kisah tentang Penyaliban Yesus (Matius 20:17-19)
- Siswa
mendiskusikan tentang makna Salib sebagai Kemuliaan Allah
- Melaporkan
hasil diskusi
3) Kegiatan Penutup
- Menyimpulkan
hasil diskusi
- Menyanyi
KJ No. 368:1-3
- Berdoa
dipimpin oleh siswa
5. Sumber Belajar
- Alkitab, Cermin
Remaja VIII, Hidup Baru VIII
6. Penilaian :
a. Teknis : tes lisan
dan penugasan
b. Bentuk instrumen :
uraian
c. Soal :
1. Jelaskan makna
penderitaan Kristus bagi orang percaya
2. Sebutkan arti
Salib
3. Berikan contoh
tentang perkembangan gereja
4. Apa keunggulan
gereja dalam hidup masyarakat.
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Lindawati Sambas,S.Pd Jaksen Bidule,S.Th
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VIII / Genap
Standar Kompetensi : Mampu
mewujudkan hidup beriman dalam pengharapan
Kompetensi Dasar : Siswa
mampu menjelaskan makna kesetiaan iman dalam penderitaan
Indikator : Mendiskusikan makna penderitaan
Alokasi Waktu : 4
x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Selesainya
pelajaran peserta didik diharapkan mampu menunjukkan :
a. Sebab-sebab terjadinya penderitaan
b. Menjelaskan arti penderitaan Yesus Kristus
c. Dapat membedakan arti penderitaan manusia dan
penderitaan Kristus
2. Materi
Pelajaran
a. Makna penderitaan dalam pengertian yang benar
b. Penderitaan sebagai ketidakadilan
3. Metoda
Pembelajaran
Diskusi
dan tanya jawab
4. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
a. Pertemuan Pertama
1) Kegiatan
Pendahuluan
- Berdoa
dan bernyanyi bersama yang dipimpin oleh peserta didik
- Memotivasi
peserta didik dengan menunjukkan gambar yang berhubungan tentang penderitaan
- Menyampaikan
materi yang akan dipelajari kepada peserta didik pada pertemuan pertama
2) Kegiatan Inti
- Membaca
Alkitab Yesaya 53:5-12; Roma 9:23; I Petrus 3:17-18
- Guru
memberikan penjelasan tentang sebab-sebab terjadinya penderitaan
- Siswa
membuat kelompok kecil untuk mendiskusikan:
§
Arti penderitaan Yesus Kristus
§
Penderitaan manusia dan penderitaan Kristus
§
Melaporkan hasil diskusi kelompok
§
Menarik kesimpulan mengenai materi diskusi
3) Kegiatan Penutup
- Guru
bertanya secara lisan pada siswa tentang materi yang telah didiskusikan
- Doa
penutup yang dipimpin oleh siswa
b. Pertemuan Kedua
1) Kegiatan
Pendahuluan
- Berdoa
bersama yang dipimpin oleh siswa
- Memotivasi
siswa dengan menanyakan pelajaran minggu yang lalu
- Meminta
siswa bergabung dengan kelompok masing-masing
2) Kegiatan Inti
- Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi masing-masing
- Mengadakan
tanya jawab peserta didik untuk menggali pengetahuannya tentang materi
- Guru
menambahkan jawaban apabila dianggap masih perlu
3) Kegiatan Penutup
- Guru
memberi pertanyaan secara lisan untuk mengetahui apakah kompetensi telah
dicapai atau belum
- Menyanyi
Lagu Karena KasihNya padaku
- Siswa
memberikan tugas untuk membuat kliping tentang penderitaan Kristus
- Berdoa
bersama dipimpin oleh siswa
5. Sumber Belajar
- Alkitab, Cermin
Remaja II
6. Penilaian :
a. Teknis : penugasan
dan uraian
b. Soal :
1. Menunjukkan
sebab-sebab terjadinya penderitaan
2. Menjelaskan
arti penderitaan Yesus Kristus
3. Menjelaskan
perbedaan penderitaan manusia dan penderitaan Kristus
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Lindawati Sambas,S.Pd Jaksen Bidule,S.Th
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VIII / Genap
Standar Kompetensi : Hidup bersyukur dalam segala situasi serta
mewujdukan hidup beriman dalam berpengharapan
Kompetensi Dasar : Meneladani Kristus dalam menghadapi
penderitaan
Indikator : - Mengidentifikasikan
keteladanan Kristus dalam menghadapi penderitaan.
- Mendeskripsikan penderitaan menurut iman
Kristen
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 x pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
Selesainya pelajaran peserta didik
diharapkan mampu menunjukkan :
a. Mengidentifikasi
keteladanan Kristus dalam menghadapi kesulitan
b. Menjelaskan
makna penderitaan melalui kematian Yesus Kristus bagi orang percaya
c. Mendeskripsikan
penderitaan menurut iman Kristen
d. Menemukan
dalam Alkitab ayat yang mendukung tentang keteladanan Kristus dalam menghadapi
penderitaan
e. Mengkritisi
makna penderitaan (tidak menerima penderitaan begitu saja)
2. Materi Pelajaran
a. Mendeskripsikan
arti penderitaan
b. Merefleksikan
keteladanan Kristus dalam menghadapi penderitaan
c. Mengidentifikasi
bentuk-bentuk penderitaan dalam kehidupan
3. Metoda Pembelajaran
Ceramah dan demonstrasi
4. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
a. Pertemuan
Pertama
1) Kegiatan
Pendahuluan
- Berdoa bersama dipimpin oleh peserta didik
- Menyanyi bersama dengan lagu yang sesuai dengan materi
pembelajaran
- Memberikan motivasi kepada peserta didik dengan menunjukkan
gambar Tuhan Yesus di Salib
- Menanyakan kepada peserta didik tentang arti menderita bagi
mereka
2) Kegiatan
Inti
- Menemukan dalam Alkitab jalan penderitaan Yesus dengan membaca
Roma 3:21-31
- Menjelaskan apa makna penderitaan Kristus bagi orang percaya
- Menunjukkan kepada peserta didik tentang kesungguhan dalam
mengikuti teladan Kristus dalam iman orang percaya
3) Kegiatan
Penutup
- Guru memberi tugas rumah untuk membuat gambar Salib yang
mengandung nilai penderitaan
- Menyanyi dan berdoa bersama karena Tuhan sudah memimpin kegiatan
belajar
b. Pertemuan
Kedua
1) Kegiatan
Pendahuluan
- Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa
- Memberikan gambaran tentang arti dari penderitaan
- Menanyakan kepada peserta didik bagaimana menderita sebagai
orang Kristen
2) Kegiatan
Inti
- Dengan membaca Alkitab siswa dapat menemukan jalan penderitaan
Yesus (Roma 3:21-31)
- Memberikan satu contoh makna penderitaan Kristus bagi orang
percaya
- Memberikan satu contoh wujud kesanggupan iman orang percaya
dalam mengikuti teladan Kristus
3) Kegiatan
Penutup
- Menyebutkan contoh orang yang percaya kepada Tuhan dalam
meneladani Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat
- Menyanyi sebuah lagu pujian yang berhubungan dengan materi
- Berdoa bersama dipimpin oleh siswa
c. Pertemuan
Ketiga
1) Kegiatan
Pendahuluan
- Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa
- Memotivasi peserta didik menanyakan pelajaran lalu
- Mengumpulkan tugas rumah yang sudah dibuat
2) Kegiatan
Inti
- Siswa dibagi lagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan
tentang kehidupan orang beriman dalam mengikut Tuhan
- Mengadakan tanya jawab mengenai materi tersebut
- Menambahkan penjelasan apabila dianggap perlu
3) Kegiatan
Penutup
- Guru memberikan pertanyaan secara lisan untuk mengetahui apakah
kompetensi dasar sudah tercapai atau belum
- Bernyanyi dan berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa, karena
Tuhan sudah memimpin kegiatan belajar
5. Sumber Belajar
Alkitab, Buku Teks, Teks Lagu dan Gambar
6. Penilaian :
a. Teknik
: lisan
b. Soal
:
1. Sebutkanlah
contoh-contoh penderitaan yang diakibatkan oleh manusia?
2. Sebutkan
tokoh-tokoh Alkitab yang menderita karena percaya kepada Yesus.
3. Tuliskan
hal-hal yang membuat orang menderita
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Lindawati Sambas,S.Pd Jaksen Bidule,S.Th
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Kristen Irene Manado
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : VIII / Genap
Standar Kompetensi : Hidup bersyukur dalam segala situasi serta
mewujdukan hidup beriman dalam berpengharapan
Kompetensi Dasar : Meneladani Kristus dalam menghadapi
penderitaan
Indikator : - Menjelaskan
arti perjamuan kudus
- Menjelaskan makna perjamuan kudus dalam
kehidupan orang percaya
- Mendemonstrasikan
perayaan perjamuan kudus yang dilakukan oleh Yesus dan murid-muridNya dalam
kelas
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
Selesainya pelajaran peserta didik
diharapkan mampu menunjukkan :
a. Mencari
dasar Alkitabiah tentang perjamuan kudus
b. Menjelaskan
arti perjamuan kudus
c. Menjelaskan
makna perjamuan kudus dalam kehidupan orang percaya
d. Membedakan
pelaksanaan perjamuan kudus yang dilaksanakan di gereja-gereja
2. Materi Pelajaran
- Arti
dan makna perjamuan kudus
3. Metoda Pembelajaran
Ceramah dan demonstrasi
4. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
a. Pertemuan
Pertama
1) Kegiatan
Pendahuluan
- Berdoa bersama dipimpin oleh peserta didik
- Pemeriksaan buku catatan recording
- Memberikan motivasi
2) Kegiatan
Inti
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
- Mendiskusikan tentang arti dan makna perjamuan kudus lewat
literatur
- Melaporkan hasil diskusi kelompok
- Guru menarik kesimpulan dari hasil diskusi kelompok
3) Kegiatan
Penutup
- Menyanyi dan berdoa
b. Pertemuan
Kedua
1) Kegiatan
Pendahuluan
- Berdoa dan berdoa dipimpin oleh siswa
- Pemeriksaan recording
- Memberikan motivasi
2) Kegiatan
Inti
- Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
- Mencari dan menemukan dalam Alkitab tentang perjamuan kudus yang
dilakukan Yesus dan murid-muridNya
- Mendemonstrasikan perjamuan kudus di dalam kelas sesuai dengan
pelaksanaan di gereja masing-masing
- Guru menarik kesimpulan
3) Kegiatan
Penutup
- Menyanyi dan berdoa oleh seorang siswa
5. Sumber Belajar
Alkitab, Cermin Remaja 2004, Intisari Iman
Kristen Dogmatika Masa Kini
6. Penilaian :
a. Teknik
: Tes Tertulis
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Soal
:
1. Sebutkanlah
arti perjamuan kudus?
2. Sebutkan
materi yang digunakan dalam perjamuan kudus?
3. Sebutkan
makna perjamuan kudus?
4. Sebutkan
cara yang digunakan dalam pelaksanaan perjamuan kudus di gereja masing-masing
5. Tuliskan
hal-hal yang membuat orang menderita
Tidak ada komentar:
Posting Komentar